6 Fakta Unik dan Menarik Kota Batam, Dari Elektronik Murah Hingga Pelabuhan Terbanyak

Must read

NagoyaNews – Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan masing-masing. Biasanya keunikan tiap daerah tercermin dari bangunan, adat istiadat masyarakat, kuliner, atau yang lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai keunikan dari Kota Batam. Batam adalah sebuah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Sebagai kota terencana, Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.

Namun, Tahukah kamu bahwa Batam memiliki beberapa fakta unik dan menarik. Berikut ini 6 fakta unik dan menarik Batam:

1. Elektronik yang serba murah

Kota Batam merupakan salah satu kawasan perdagangan bebas, atau biasa disebut dengan istilah Free Trade Zone.

Artinya semua barang yang masuk ke daerah ini bebas dari PPN (pajak pertambahan nilai), maka tak heran jika harga elektronik disini relatif murah dari tempat lainnya.

Namun, meski terbebas dari PPN kita harus pintar dalam memilih barang yang akan dibeli, belilah barang yang benar-benar memiliki garansi agar lebih terpercaya.

2. Dipimpin oleh 2 kepemerintahan

Fakta unik selanjutnya dari kota ini adalah, Batam dipimpin oleh 2 kepemerintahan sekaligus

Maksud 2 jenis kepemerintahan ini yaitu pemerintah kota dan badan pengusaha yang mana keduanya memiliki tugas yang berbeda.

Tugas dari pemerintah kota yaitu berperan dalam segala administrasi kependudukan dan pencatatan sipil maupun SDM di kota ini.

Sedangkan tugas dari Badan Pengusaha Batam ialah sebagai tata kelola lahan dan inveestasi ekonomi khusus di kota tersebut.

Akan tetapi pada tahun 2019, Presiden RI telah mengeluarkan peraturan baru yang mana kepemerintahan di Kota ini telah dirubah menjadi 1 kepemerintahan saja.

3. Memiliki Enam Jembatan Penyambung Pulau

Jembatan menjadi salah satu ikon unik di Batam. Terdapat enam jembatan yang saling menghubungkan antar-pulau yang dimulai dari:

  • Pulau Batam ke Pulau Tonton dengan Jembatan Tengku Fisabilillah dengan panjang 642 meter.
  • Pulau Tonton ke Pulau Nipah dihubungkan Jembatan Nara Singa sepanjang 420 meter.
  • Pulau Nipah menuju Pulau Setokok dihubungkan Jembatan bernama Raja Ali Haji sepanjang 270 meter.
  • Pulau Setokok ke Pulau Rempang dihubungkan Jembatan Sultan Zainal Abidin sepanjang 365 meter.
  • Pulau Rempang ke Pulau Galang dihubungkan Jembatan Tuanku Tambusai sepanjang 385 meter.
  • Pulau Galang ke Pulau Galang Baru dihubungkan Jembatan Raja Kecik sepanjang 180 meter.

4. Bandara dengan landasan terpanjang di Indonesia

Meski bandara di kota ini bukanlah yang terluas di Indonesia, namun Bandara Hang Nadim di Batam ini mendapat predikat landasan pacu terpanjang di Indonesia.

Landasan pacu Bandara ini mencapai 4.025 meter, uniknya lagi Bandara Hang Nadim adalah bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-2 di Asia Tenggara setelah Bandara Kuala Lumpur, Malaysia.

5. Tempat studio film

Bukan Jakarta ataupun Kota lainnya, Batam memiliki tempat dengan studio terluas di Indonesia. Tak lain dan tak bukan nama studio tersebut adalah Infinite Studio.

Mengutip dari akun Youtube @Boginvi Family, tempat ini telah menciptakan banyak film ternama, baik film dari dalam maupun luar Negeri.

Adapun salah satu film Indonesia adalah film Herdshot ( 2016 ), dan film luar Negeri yaitu Buffrlo Boys ( 2018 ).

6. Pelabuhan Terbanyak di Indonesia

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Meski kota kecil yang luasnya hanya 3.990 km persegi, posisi Batam yang strategis menjadikannya pintu utama perdagangan internasional. Tak heran bila Batam memiliki banyak fasilitas pelabuhan internasional terbanyak di Indonesia.

Pelabuhan logistik dan pelabuhan penumpang yang mempercepat akses pertumbuhan ekonomi di batam dan memudahkan akses dari dan ke domestik dan internasional.

  • Pelabuhan Internasional Logistik yang menghubungkan Kota Batam dengan Singapura dan Malaysia: Sekupang, Batu Ampar, dan Kabil.
  • Pelabuhan Internasional Penumpang: Batam Centre, Harbour Bay, Nongsa, Waterfront dan Sekupang.
  • Pelabuhan Domestik Penumpang: Harbour Bay, Sekupang, dan Telaga Punggur.

More articles

spot_img

News Update