Aneka Makanan Khas Kepri Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Tanjungpinang

Must read

Nagoyanews- Tanjungpinang, saat berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Tanjungpinang. Jangan lupa untuk menikmati ragam kuliner yang ada di kota ini.

Kota Tanjungpinang yang merupakan ibu kota dari provinsi Kepulauan Riau tersebut terletak di Pulau Bintan dan berada dekat dengan Kota Batam. Dari Batam menuju Tanjungpinang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kapal ferry sedangkan dari Kabupaten Bintan dapat ditempuh melalui akses darat. Selama ini Tanjungpinang dikenal sebagai daerah pintu masuk ke Sungai Bintan, di mana Kerajaan Bentan berada dan berpusat di Bukit Baru.

Kota ini dikenal dengan daerah pariwisatanya yang beragam, mulai dari Pulau Penyengat, Pantai Trikora, hingga pantai buatan Tepi Laut. Pelabuhan Laut Tanjungpinang di Sri Bintan Pura juga memiliki berbagai kapal ferri dan kapal cepat untuk akses ke pulau-pulau lain seperti Batam, Kepulauan Karimun, Kundur, dan kota-kota di Riau, bahkan memiliki akses internasional seperti ke Malaysia dan Singapura.

Selain berwisata dan menikmati pemandangan kota, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner nikmat khas Tanjungpinang. Bahkan disaat baru sampai di pelabuhan Sri Bintan Pura kita sudah disambut oleh aneka kuliner yang memikat lidah . Berikut daftar makanan wajib coba selama berkunjung ke Tanjungpinang:

Mi Tarempa

Mi Tarempa/Photo: Phinemo.com

Mi tarempa terdiri dari mi lebar dengan potongan ikan tongkol kemudian dimasak dengan bumbu berwarna merah. Namun, saat ini penjual juga menyediakan pilihan lain seperti menggunakan makanan laut atau daging sapi. Sekilas penampilan mi tarempa agaknya akan mengingatkan kita pada mi Aceh yang juga berbumbu dan berempah. Namun, rasa dari mi tarempa cenderung manis dan asam. Untuk menambah kelezatan, Anda bisa menambahkan acar cabai hijau di mi tarempa.

Mi tarempa biasanya memiliki beberapa versi dalam penyajiannya, yaitu mi kering, mi basah kuah sedikit, dan basah kuah banyak tergantung selera pemesan. Namun, mi tarempa versi autentik adalah yang kering, sedangkan penambahan kuah, baik sedikit atau banyak hanya untuk variasi saja seperti saat kita memesan bakmi pada umumnya.

Mi Lendir

MIE LENDIR/Photo: Budakmelayu.com

Selanjutnya tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Tanjungpinang tanpa mencicipi mi lendir. Penampilan mi ini identik dengan kuah kental berwarna kecokelatan sehingga tampak seperti lendir. Seporsi mi lendir terdiri dari mi kuning, taoge, telur rebus, dan kuah. Namun, pembeli bisa menambahkan lauk-pauk lain seperti udang, bakso, atau irisan daging sapi.

Luti Gendang

LUTI GENDANG/ Photo: kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Jika mengunjungi kedai kopi di Tanjungpinang, biasanya mereka menyediakan camilan berupa luti gendang. Meski asal penganan ini dari Anambas, tetapi luti gendang juga banyak ditemukan di Tanjungpinang. Uniknya roti ini memiliki isian berupa ikan tongkol atau daging ayam. Untuk rotinya sendiri dibuat dari campuran tepung, telur, gula putih, mentega, ragi, bawang, garam, cabai, dan isian ikan atau ayam.

Otak-Otak

OTAK OTAK/ Photo: wikipwedia

Beda dari otak-otak lain, di Tanjugpinang, camilan ini berwarna kemerahan dan rasanya gurih, agak pedas, dan berempah. Wajar, mengingat bumbu yang digunakan terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit, serai, dan lada.

Otak-otak bisa dimakan langsung atau dicocol ke dalam saus. Untuk sausnya sendiri terbuat dari kacang tanah, cabai merah, cabai rawit, bawang puth, dan air asam Jawa. Di Tanjungpinang, cukup mudah menemukan camilan ini. Namun, salah satu penjual otak-otak tersohor ada di pintu masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Gong-gong

GONGGONG/Photo: batam.tribunnews.com

Terakhir, tentunya wajib coba menu satu ini yaitu gonggong yang sangat populer di Tanjungpinang dan Batam. Gonggong merupakan siput laut bercangkang putih kecokelatan dan jadi salah satu menu yang banyak disajikan di restoran hidangan laut.

More articles

spot_img

News Update