Saturday, January 22, 2022

Hadiri Wisuda Unrika, Wagub: Selamat Menjalani Universitas Kehidupan

Must read

Nagoya News, BATAM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina mengatakan wisuda bukanlah akhir untuk berhenti belajar. Namun sebaliknya, ilmu yang sudah didapatkan di kampus harus dilanjutkan. Semua yang diperoleh dalam aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks, disertai dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan kehalusan budi, harus diniatkan membantu sesama.

“Sebab setelah dari universitas ini, Anda akan memasuki universitas kehidupan. Jika ilmu ibarat pohon, ia harus berbuah,” kata Wagub Marlin di Universitas Riau Kepulauan, Batam, Sabtu (30/10).

Wagub Marlin dalam kesempatan ini sekaligus menghadiri wisuda Pascasarja dan Sarjana Periode XXXI. Dalam sambutannya, wakil Gubernur perempuan pertama di Kepri ini banyak mengutip pendapat-pendapat pakar untuk memotivasi para wisudawan dan wisudawati.

Karena, kata perempuan kelahiran Karimun ini, hidup kadang banyak tantangan, baik itu berhadapan dengan orang lain atau keadaan. Tapi yang membedakan sukses tidaknya seseorang adalah cara merespon hidup itu sendiri.

Ketua TP PKK Kota Batam ini pun mengutip Steven Covey, salah seorang pakar manajemen yang menyebutkan bahwa hidup seseorang tergantung dari cara dia melihat dunia. Apabila dia ingin mengubah kondisi yang dialaminya sekarang, dia harus mengubah cara pandangnya dulu.

“Fokuslah kepada hal-hal yang bisa kita ubah. Karena bisa jadi cara kita dalam melihat masalah itu sendiri yang menjadi masalah. Itulah pentingnya anda punya pikiran terbuka. Jangan kaku. Sebab, pikiran kita ibarat payung parasut. Ia akan bekerja jika terbuka,” pesannya.

Soal pikiran terbuka ini pun ditekankan beberapa kali oleh Wagub Marlin. Karena, kata Wagub Marlin, menghadapi zaman yang cepat berubah ini, maka tidak ada cara lain kecuali harus dihadapi dengan pikiran terbuka. Sehingga akan memunculkan kreativitas dan inovasi baru.

More articles

spot_img
spot_img

News Update