Saturday, January 15, 2022

OJK: IHSG Sempat Sentuh Titik Terendah Akibat Pandemi Covid-19

Must read

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pasar modal Indonesia memiliki peran yang sangat vital dalam mendorong kemajuan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam dekade terakhir tidak terlepas dari dukungan pasar modal, terutama pada fitur sebagai penyedia dana untuk pembangunan,” ujar Luhut.

 

Upaya Pemerintah

Luhut menyampaikan, upaya yang telah dilakukan pasar modal Indonesia selama beberapa tahun terakhir menunjukkan beberapa capaian yang patut dibanggakan, terutama di tengah tantangan pandemi Covid-19. Salah satunya yaitu jumlah emiten baru pada tahun ini yang mencapai 38 perusahaan.

“Ditambah jumlah calon perusahaan tercatat yang sedang mengantre atau sedang dalam pipa sebanyak 25 calon perusahaan tercatat. Angka pencatatan baru saham ini juga merupakan yang tertinggi di ASEAN, serta masuk dalam urutan ke-12 di dunia,” kata Luhut.

Dari sisi permintaan, jumlah investor yang meliputi investor saham, reksadana, dan obligasi di pasar modal hingga 30 September 2021 mencapai 6,43 juta investor, meningkat 66 persen dibandingkan akhir 2020, atau hampir naik lima kali lipat sejak 2017.

“Angka ini secara umum didominasi oleh investor ritel yang proporsinya mencapai 90 persen dari total investor. Peningkatan partisipasi investor ritel yang merupakan investor domestik, merupakan penutup yang membanggakan tidak disangka-sangka,” ujar Luhut. (r/mdk)

More articles

spot_img
spot_img

News Update