Sunday, September 19, 2021

Ibu Hamil di Batam Mulai Divaksinasi Covid 19

Must read

Nagoya News, BATAM – Ibu hamil di Kota Batam mulai menjalani vaksinasi covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap paparan virus korona.

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Kepri, Yanuarman, meyakinkan pemberian suntik vaksin diperbolehkan untuk ibu hamil dan menyusui sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan.

“Ibu hamil dan menyusui diperbolahkan, terutama usia kandungan 13-40 minggu. Tidak perlu mendapat rekomendasi dari dokter obgyn,” kata Yanuarman dalam pencanangan vaksinasi ibu hamil di Batam, Kamis, 9 September 2021.

Dia menjelaskan selama ini banyak ibu hamil yang ingin mendapatkan vaksin, namun ditolak fasilitas kesehatan karena dalam isian formulir pemeriksaaan kesehatan awal ada pertanyaan apakah sedang hamil.

Menurut dia vaksinasi covid-19 terhadap ibu hamil justru baik untuk bayi karena yang akan mendapatkan imun lebih kuat. “Karena anak usia di bawah 12 tahun belum dapat divaksin. Dengan ibunya divaksin bayinya juga dapat vaksin,” jelasnya.

Yanuar juga membantah rumor yang menyebutkan vaksinasi ibu hamil dapat menyebabkan anak menjadi tidak cerdas dan tumbuh kecil. Dia menyampaikan vaksinasi dosis pertama ibu hamil harus dilakukan di rumah sakit agar ada pemeriksaan terlebih dulu.

Sedangkan dosis kedua bisa dilaksanakan di fasilitas kesehatan primer seperti di puskesmas. Ia juga memastikan apabila terjadi kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI), maka biaya perawatannya ditanggung pemerintah.

Berdasarkan catatannya angka kelahiran di Kepri mencapai 50.000 orang per tahun. Di Batam sebanyak 35.000 per tahun. (med)

More articles

spot_img
spot_img

News Update