71 Kapal Ilegal Ditangkap saat Pandemi, 12 Kapal Ikan Malaysia

Must read

AMBON, NAGOYAnews.net – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengungkapkan 71 kapal ilegal ditangkap di perairan Indonesia. Para pelaku, katanya, mencoba memanfaatkan situasi pandemi Covid-19.

“Per hari ini Minggu (30/8) ada 71 kapal asing ilegal sudah diamankan karena menerobos masuk ke perairan Indonesia,” kata dia, usai mengunjungi Balai Karantina Ikan di Ambon, Maluku, Minggu (30/8/2020).

Baca juga: MUI Kutuk Aksi Robek dan Bakar Alquran di Norwegia dan Swedia

Puluhan kapal tersebut terdiri dari 54 kapal ikan berbendera asing (27 kapal Vietnam, 14 kapal Filipina, 12 kapal Malaysia, dan satu kapal Taiwan) dan 17 kapal berbendera Indonesia.

Mereka, kata Edhy, memanfaatkan kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19) untuk mencuri ikan di tengah kesibukan pemerintah yang tengah fokus menangani pandemi.

Kini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah memeriksa dokumen perizinan kapal-kapal itu.

“KKP tidak memberi ampunan bagi kapal-kapal asing dan kapal Indonesia yang melakukan eksploitasi penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia” ujarnya.

Khusus kapal Indonesia, ia mengaku akan melakukan penindakan tegas kepada nelayan yang berani melakukan penyulundupan narkoba, minuman keras ke dalam kapal di tengah laut.

“Jadi aturan kita tegakkan, baik untuk Warga Negara Asing (WNA) maupun nelayan Warga Negara Indonesia (WNI),” imbuh dia.

Selain itu, KKP memerika 17 kapal nelayan Indonesia yang tertengkap karena tak mengantongi izin penangkapan dari pemerintah pada awal 2020. Mereka mengaku mengalami kesulitan mendapatkan izin dari instansi terkait.

Oleh sebab itu, Edhy meminta kepada pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan pembuatan surat perizinan segera membuka pelayanan yang terbuka agar warga negara mendapatkan perlakukan yang sama sesuai undang-undang.

“Selama ini kapal-kapal nelayan yang ditangkap bermasalah izin, izinnya itu tidak ada lantaran kelalayaan kita dalam mengeluarkan izin,” kata Edhy. (esp/cnni)

More articles

spot_img

News Update