Sesmenko: Empat Kawasan Ekonomi Khusus diusulkan di Batam

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, ada tambahan empat Kawasan Ekonomi Khusus diusulkan berlokasi di Kota Batam.

Selain dua usulan yang sudah dalam proses penetapan dan direkomendasikan kepada Presiden yaitu KEK Nongsa dan KEK MRO BAT.

Baca juga: Update Covid 19 Kota Batam (27 Agustus 2020): Meledak, Sehari Tambah 46 Kasus Baru

Keempat KEK yang masih dalam tahap proses usulan yaitu pengembangan Aerocity Bandara Hang Nadim, dan KEK Jasa Kesehatan Internasional.

Kemudian pengembangan KEK Rempang dan Pengembangan Maritim City di Pulau Galang. Keduanya berlokasi di pulau penyangga kota, Kecamatan Galang.

Sementara KEK yang sudah dibahas Dewan Nasional KEK dan direkomendasikan kepada Presiden yaitu KEK Nongsa untuk digital dan pariwisata dan KEK Batam Aero Technic masing-masing bernilai investasi Rp16 triliun dan Rp7,2 triliun.

“KEK Nongsa bertempat di lahan seluas 166 hektare dan diharapkan menyerap 16.500 orang tenaga kerja,” ujarnya dalam webinar, Kamis (27/8/2020).

KEK Nongsa dilengkapi IT Office Park (coworking space) untuk programming dan inkubasi start up, pendidikan IT, data center, studio animasi dan perfilman serta pariwsata dan area komesrial untuk mendukung iklim kreatifitas SDM industri IT.

Sementara KEK Batam Aero Technic berdiri di lahan seluas 30 hektare dan mampu menyerap 9.976 orang tenaga kerja.

KEK Batam Aero Technic untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan pesawat terbang dengan fasilitas ‘base maintanance’ untuk perawatan dan ‘shop maintanance’ untuk perbaikan komponen pesawat.

Keberadaan KEK Batam Aero Technic diharapkan mendatangkan keuntungan bagi Indonesia, yaitu menghemat devisa kebutuhan MRO pesawat dalam negeri, menyerap MRO pesawat mancanegara dan meningkatkan SDM industri MRO pesawat. (esp/ant)

More articles

spot_img

News Update