Wednesday, August 17, 2022

PSDKP Batam Tangkap 23 Kapal Ikan Asing

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam mengamankan 23 kapal ikan asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah Indonesia sepenjang tahun 2020. PSDKP Batam juga mendeportasi 204 kru kapal ikan asing.

Kepala Pangkalan PSDKP Batam, Salman Mokoginta mengatakan, pada umumnya KIA yang ditindak selama tahun 2020 berasal dari Vietnam sebanyak 17 unit dan sebanyak 6 unit KIA asal Malaysia telah diproses ke persidangan.

Baca juga: Jadi Bos Pertamina, Gaji Ahok Bisa Beli Mobil Tiap Bulan

“Barang bukti kapal ikan ini setelah memiliki kekuatan hukum tetap, sebagian akan dihibahkan untuk kelompok nelayan dan sebagian akan dimusnahkan,” ujarnya, Selasa (25/8/20).

Kapal yang diamankan mayoritas melakukan tindak pidana perikanan, serta melakukan penangkapan ikan tanpa mengantongi dokumen perizinan yang sah. Bahkan, beberapa kasus diketahui kapal nelayan asing telah masuk jauh ke dalam perairan teritorial Indonesia tanpa dokumen Keimigrasian.

“Aksi pencurian ikan biasa terjadi di Wilayah pengelolaan perikana Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 711 dan ZEE Wilayah Pengelolahan Ikan Indonesia,” katanya.

Dengan maraknya aksi pencurian ikan di perairan Kepri belakangan ini, pihaknya akan terus melakukan pengawasan di wilayah perairan pengelolahan milik Indonesia untuk menjamin kapal asing tidak melakukan aktivitas ilegal. (ger)

More articles

spot_img

News Update