Wednesday, August 10, 2022

Kemenag Siapkan Tiga Opsi Pemberangkatan Haji Tahun 2021

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan tiga skema pemberangkatan jemaah haji tahun 2021. Salah satunya, Kemenag kembali melakukan pembatalan pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi tahun depan bila wabah virus corona (Covid-19) tak kunjung mereda.

“Jika wabah Covid-19 masih tinggi dan belum dapat tertangani, ada kemungkinan terjadi lagi pembatalan pemberangkatan jemaah haji,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Nizar Ali mengutip keterangan resminya di situs Kemenag, Selasa (25/8).

Baca juga: Bea Cukai Karimun dan PDRM Gagalkan Penyelundupan 4 Ton Pasir Timah

Meski demikian, Nizar menyatakan skema pembatalan keberangkatan haji tersebut masih terus dimatangkan. Salah satu pertimbangannya, Kemenag masih melihat perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia, Arab Saudi dan secara global pada umum.

Selain itu, Nizar turut menyiapkan skema seluruh jemaah yang batal diberangkatkan haji pada tahun ini akan diberangkatkan pada tahun 2021. Tentunya, kondisi ini membutuhkan syarat virus corona sudah tidak ada atau kondisi berangsur normal dan kuota haji juga kembali normal.

“Untuk jemaah yang awalnya berangkat tahun 2021, akan mundur tahun berikutnya. Kecuali, jika tahun depan Indonesia mendapatkan tambahan kuota,” ujar Nizar.

Lalu skema terakhir, ada kondisi pemerintah Arab Saudi melakukan pembatasan atau pengurangan kuota jemaah haji karena Covid-19 belum sepenuhnya hilang.

More articles

spot_img

News Update