Ini Keistimewaan Amalan Utama Tahun Baru Islam

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, jatuh pada hari ini, Kamis 20 Agustus 2020. Sebagaimana diketahui, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya. Dilansir dari laman islam.nu, amalan sunah yang dianjurkan adalah puasa.

Baca juga: Dapat Investor Baru, Blackberry Luncurkan Ponsel Baru Tahun Depan

Kesunahan puasa di bulan Muharram didasarkan pada hadits riwayat Abu Hurairah:

“Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR Ibnu Majah).

Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan sebagai berikut.

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Allah, Muharram.”

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam An-Nawawi mengatakan, hadits ini menjadi dalil keutamaan puasa Muharram.

Al-Qurthubi, seperti yang dikutip As-Suyuthi dalam Ad-Dibaj ‘ala Shahih Muslim menjelaskan:

“Puasa Muharram lebih utama dikarenakan awal tahun. Alangkah baiknya mengawali tahun baru dengan berpuasa, sebab puasa termasuk amalan yang paling utama.”

Memperbanyak puasa di bulan Muharram disunahkan karena ia merupakan pembuka tahun baru. Seyogianya tahun baru dihiasi dengan amal saleh dan puasa termasuk amalan yang paling utama. Selain awal tahun, dalam banyak hadits juga disebutkan bahwa tanggal 10 Muharram dianjurkan untuk berpuasa. (ger)

Sumber: viva.co.id

More articles

spot_img

News Update