Wednesday, August 17, 2022

Ambil Uang di ATM dengan Aman, 4 Langkah Ini Harus Diperhatikan

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Mengambil uang di ATM merupakan pekerjaan mudah yang bisa dilakukan semua orang. Tapi bagaimana cara mengambil uang di ATM dengan aman?

Ada beberapa hal yang terkadang dilupakan orang-orang saat mengambil uang di ATM. Hal inilah yang membuat banyak kasus pencurian, penipuan, hingga pembobolan terjadi saat sedang mengambil uang di ATM.

Baca juga: Ini Keistimewaan Amalan Utama Tahun Baru Islam

Nah, dalam artikel kali ini, penulis akan membahas cara mengambil uang di ATM dengan aman. Berikut cara mengambil uang di ATM dengan aman, perhatikan 4 hal ini.

1. Lokasi ATM

Memilih lokasi ATM yang aman merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Usahakan untuk mengambil uang di ATM yang dijaga oleh petugas keamanan. Jika ATM dengan petugas keamanan tidak terjangkau, pastikan lokasi ATM tersebut merupakan kawasan aman yang dilengkapi dengan CCTV.

Biasanya, ATM yang dilengkapi dengan petugas keamanan dan CCTV adalah ATM yang berada satu lokasi dengan bank. Oleh karena itu, akan sangat baik jika Anda mengambil uang di ATM yang berada di lokasi-loksi tersebut.

2. Kondisi Sekitar

Memerhatikan kondisi sekitar merupakan sebuah kewajiban bagi Anda saat akan mengambil uang di ATM. Pasalnya, walaupun sudah ada petugas keamanan dan CCTV tindak kejahatan masih dapat terjadi. Untuk itu, Anda perlu berkonsentrasi dan memastikan kondisi sekitar Anda cukup kondusif.

Pada saat mengetik kata sandi Anda, pastikan untuk menutupinya sehingga pola gerakan tangan Anda tidak terbaca oleh orang lain.

3. Kartu Debit

Pada beberapa mesin ATM, kartu baru akan keluar setelah Anda mengambil uang tunai. Terkadang karena tujuan Anda mengambil uang tunai sudah selesai, Anda kemudian terburu-buru meninggalkan lokasi dan lupa membawa kartu yang masih melekat di mesin ATM.

Oleh karena itu, setelah Anda mengambil uang tunai dari mesin ATM jangan terburu-buru untuk pergi. Pastikan Anda membawa uang tunai beserta kartu sebelum keluar.

Jika meninggalkan kartu di mesin ATM, risikonya kartu akan tertelan atau bahkan dapat diambil orang lain.

4. Bukti Transaksi

Setelah uang keluar, pastikan untuk memeriksa apakah ada bukti transaksi yang keluar dari mesin ATM. Jika tidak ada, Anda sudah dapat meninggalkan lokasi.

Namun jika ada, simpan slip tersebut dan jangan buang ke tempat sampah di samping mesin ATM. Apabila ingin membuang struk ATM, robek bukti transaksi terlebih dahulu sehingga data yang tertulis di dalamnya tidak dapat terbaca lagi. (nig)

Sumber: suara.com

More articles

spot_img

News Update