Wednesday, August 10, 2022

Dua Gempa Berkekuatan M 6,9 dan M 6,8 Guncang Bengkulu

Must read

BENGKULU, NAGOYAnews.net – Gempa berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Rabu (19/8/2020) pukul 05:23:56 WIB.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 169 km barat daya Bengkulu. Episenter gempa berada di koordinat 4.50 LS-100.91 BT.

Baca juga: Bertarung di Pilkada Kepri, Isdianto Mulai Cuti 26 September

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG di laman resminya.

Sementara belum ada laporan terkait dampak dari gempa bumi tersebut. Namun gempa terasa di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang berbeda-beda.

Gempa paling terasa di Kota Bengkulu dengan skala IV MMI, Bengkulu Utara IV MMI, Mukomuko IV MMI, Seluma IV MMI, Kepahiang IV MMI, Bengkulu Selatan III MMI, Kaur III MMI, Curup III MMI, Lebong III MMI, dan Lubuk Linggau II-III MMI.

Tak berselang lama, gempa kembali menggetarkan Provinsi Bengkulu. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 6,8 terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara pada Rabu (19/8/2020) pukul 05:29:35 WIB.

BMKG melaporkan, pusat gempa berada di 78 km barat daya Kabupaten Bengkulu Utara atau pada koordinat 3.74 LS-101.56 BT.

Titik gempa berada di kedalaman 11 km. “Tidak berpotensi TSUNAMI,” tulis BMKG di laman resminya.

Belum ada laporan terkait dampak dari gempa bumi tersebut. Namun gempa terasa di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang berbeda-beda.

Gempa paling terasa di Kepahiang dengan skala IV MMI dan Liwa II MMI. (ger)

Sumber: liputan6.com

More articles

spot_img

News Update