Wednesday, August 10, 2022

KPU Karimun Akan Perbaiki Data Coklit Bermasalah

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun memastikan akan menindaklanjuti temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait pengawasan selama tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, ada sejumlah temuan Bawaslu Karimun terkait persoalan ketidaksesuaian tata cara, prosedur dan mekanisme pelaksanaan coklit yang dilaksanakan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang harus diperbaiki.

Baca juga: Presiden dan Wakil Presiden Ikut Upacara 17 Agustus Virtual

“Jumat kemarin telah kami terima rekomendasi dari Bawaslu. Sekarang sedang diinventarisir dan akan segera ditindaklanjuti,” ujarnya, Senin (17/8/2020).

Sejumlah temuan itu dipastikan tidak menganggu jalannya tahapan Pilkada Karimun 2020. Pihaknya akan pastikan hak pilih masyarakat yang belum tercoklit tidak hilang dan akan terdata dalam DPT.

“Tujuan Coklit itu sendiri untuk pastikan data pemilih Pilkada 2020 valid. Sehingga apabila mungkin dalam tahapan coklit kemarin belum terdata, kami tetap akan lakukan verifikasi lagi, ini kan hak konstitusi masyarakat yang harus dilindungi,” katanya.

Seperti halnya terdapat masyarakat yang belum tercoklit. Masyarakat itu masih bisa dimasukkan atau diusulkan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Proses ini masih panjang, apabila terlewat diproses Coklit masih bisa diusulkan di DPS dan DPT. Banyak langkah-langkah lainnya yang harus dijalani,” katanya.

Hasil pengawasan pelaksanaan coklit dari 15 Juli hingga 13 Agustus Bawaslu Karimun menemukan sejumlah permasalahan dilakukan PPDP di lapangan. Adapun permasalahannya antara lain yakni pelanggaran terhadap protokol kesehatan, pemilih memenuhi syarat namun tidak dicoklit, coklit tidak merujuk pada e-KTP dan KK, tidak memenuhi syarat namun dicoklit, pemilih pemula dan disabilitas yang memenuhi syarat namun tidak dicoklit, termasuk PPDP yang mendelegasikan tugasnya kepada orang lain. (nig)

More articles

spot_img

News Update