Susu Bisa Bersihkan Paru-paru, Fakta atau Mitos?

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Diketahui, susu baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang, membuat tidur lebih nyenyak, menetralisir racun, mencegah dehidrasi, dan masih banyak lagi.

Saking memiliki banyak manfaat, tak sedikit yang menganggap kalau susu juga dipercaya dapat membersihkan paru-paru. Benarkah demikian? Kira-kira, mitos atau fakta?

“Mitos. Jadi, saya seringkali mendengar kabar bahwa susu bisa membersihkan paru-paru, tetapi itu semua mitos. Tidak terdapat hubungan antara konsumsi susu dengan kebersihan paru-paru,” kata Spesialis Gizi Klinik, Feni Nugraha, Jumat 14 Agustus 2020.

Baca juga: Penyelundupan Jenazah ABK Indonesia, Polda Kepri Tetapkan Dua Tersangka

Menurut dokter Feni, salah satu faktor risiko dari penyakit paru-paru dan yang dapat memperberat gejalanya adalah kebiasaan merokok. Jadi, salah satu cara untuk mendapatkan paru-paru yang sehat, kita harus menghentikan kebiasaan tersebut.

“Kemudian, harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, bergizi dan seimbang. Nah, salah satunya susu ini,” lanjut dia.

Feni menjelaskan, susu mengandung berbagai zat gizi yang penting untuk tubuh kita. Anjuran untuk mengonsumsi susu yaitu sebanyak 2-3 gelas per hari, untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

“Tentu saja, susu yang dipilih dan menyehatkan adalah susu yang rendah lemak, atau dapat memilih susu yang tidak mengandung lemak atau susu skim,” kata dia.

Feni turut memperingatkan untuk tidak memilih susu yang tinggi lemak atau yang biasa kita kenal dengan susu full cream. Apakah itu saja sudah cukup?

“Selain mengonsumsi susu, kita harus menjalankan pola hidup yang sehat, di antaranya makan yang sehat, olahraga teratur, kemudian tidak boleh merokok dan konsumsi alkohol, istirahat yang cukup, lalu jangan lupa hindari stres,” tutup dokter Feni. (arg)

Sumber: viva.co.id

More articles

spot_img

News Update