KPU Karimun Mulai Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun memulai tahapan pemuktahiran data pemilih Pilkada Karimun 2020 di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Tahapan itu dilakukan setelah Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) menyelesaikan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di masyarakat. Data tersebut menjadi acuan KPU untuk menetapkan data pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020.

Baca juga: Polsek Pinang Kota Sediakan Internet Gratis untuk Pelajar

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, proses pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan 557 PPDP di masyarakat telah rampung 100 persen.

“PPDP telah selesaikan 100 persen proses coklit data pemilih sesuai jadwal yang ditetapkan yakni 13 Agustus 2020. Terhitung dari hari ini, data-data yang didapat PPDP akan dimuktahirkan,” kata Eko, Kamis (13/8/2020).

Ia mengatakan, proses pemuktahiran data pemilih akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari tahapan kelurahan, Kecamatan sampai Kabupaten.

“Sekarang tahapan di tingkat PPS atau kelurahan dulu. Usai di kelurahan nantinya dimuktahirkan lagi di tingkat kecamatan oleh PPK dan tahapan terakhir di tingkat kabupaten yang langsung kita (KPU) yang lakukan,” katanya.

Eko mengakui untuk sampai saat ini masih menunggu laporan dari PPS untuk mengetahui hasik rekapan data pemilih.

“Sekarang masih direkap, kami menunggu hasil pembahasan dari PPS dulu,”katanya.

Seperti diketahui, Sebanyak 557 PPDP disebar ke seluruh kecamatan wilayah Kabupaten Karimun. Para petugas itu melakukan pencocokan dan penelitian terhadap 183.452 jiwa penduduk Karimun. (arg)

More articles

spot_img

News Update