Wednesday, August 17, 2022

Ketua Bawaslu RI: Laporkan Politik Uang di Pilkada Batam

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan mengajak masyarakat Batam melaporkan bila ada praktik politik uang di Pilkada Batam.

Hal ini disampaikan Abhan saat meresmikan Kampung Pengawasan Partisipatif Anti Politik Uang di Kelurahan Bulang Lintang, Kecamatan Bulang, Kamis (3/8/2020).

Kehadiran kampung pengawasan ini merupakan kesadaran masyarakat mewujudkan Pilkada tanpa praktik politik uang, sembari mewujudkan pilkada yang bebas hoax, kampanye negatif hingga SARA.

Baca juga: KPU Karimun Mulai Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih

“Tidak hanya anti politik uang. Tapi menciptakan Pilkada jujur bersih,” terang dia.

Secara umum, ia mengatakan ada tiga elemen pokok yang terlibat dalam menyukseskan Pemilu. Pertama yakni penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu. Ia mengibaratkan penyelenggara pemilu adalah wasit yang harus bertindak adil dan tidak berpihak.

“Saya minta kepada masyarakat, jika ada penyelenggara yang bertentangan dengan aturan silahkan laporkan,” ujarnya.

Selanjutnya, peserta pemilu yang mencalonkan diri. Menurutnya, peserta harus punya komitmen taat aturan Pilkada. Seperti yang dideklarasikan oleh masyarakat melalui kampung pengawasan tersebut.

Ketiga, yakni masyarakat sebagai pemilih. Ia berharap selain mewujudkan Pilkada tanpa praktik politik uang, kampanye hitam dan sebagainya yang bertolak belakang dengan aturan, ia mengajak kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya atau tidak golput.

“Gunakan hak pilih dan ikut awasi penyelenggaraan pemilu,” ajaknya.

Ketua Bawaslu Kepri, Muhammad Sjahri Papene mengatakan, pembentukan kampung pengawasan tersebut merupakan wujud kemandirian masyarakat dalam rangka menciptakan Pilkada yang berintegritas. Ia mengakui, penyelenggara tidak bisa sendiri tanpa bantuan berbagai pihak.

“Semoga upaya ini menjadikan Pilkada serentak menjadi pilkada yang berintegritas dan bermartabat,” kata Pane. (esp/mcb)

More articles

spot_img

News Update