Wednesday, August 10, 2022

Bercinta 25 Menit, Bisa Bakar 100 Kalori Pria dan 69 Kalori Wanita

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Bercinta kerap dianggap sebagai pengganti olahraga lantaran memicu tubuh bergerak aktif dan berkeringat. Namun, untuk bisa benar-benar membakar kalori, butuh durasi yang tepat selama bercinta.

Ingin tahu seberapa banyak lemak yang Anda bakar saat berhubungan seks? Inilah yang telah ditemukan para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Dikutip dari laman Men’s Health, Pada 2013, para ilmuwan di University of Montreal mencoba menjawab pertanyaan itu dengan meminta 21 pasangan untuk memakai pelacak kebugaran SenseWear saat mereka bercinta. Pasangan tersebut juga berlari di atas treadmill selama 30 menit untuk membandingkan seks mereka dengan olahraga yang sebenarnya.

Baca juga: Turis Asing Dilarang Masuk Indonesia Sampai Akhir 2020

Hasilnya, yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE, menyimpulkan bahwa pria membakar 100 kalori selama rata-rata sesi bercinta, sedangkan wanita membakar sekitar 69 kalori.

Para peneliti memperkirakan bahwa pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori di setiap menitnya. Pria mungkin lebih aktif secara fisik saat berhubungan seks yang berpotensi menjelaskan mengapa mereka membakar lebih banyak kalori, penulis studi Antony Karelis.

Namun alasan utamanya, kata Karelis, ada pada berat badan pria yang lebih besar dibanding wanita.

“Pria lebih berat daripada wanita, dan karena itu, pengeluaran energi pria akan lebih tinggi untuk latihan yang sama,” tuturnya.

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang dibakar pria saat berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori. Namun, meski berolahraga di gym mungkin memberikan latihan yang lebih intens, para peneliti menyimpulkan bahwa seks bisa menjadi alternatif yang juga baik.

“Aktivitas seksual terkadang berpotensi dianggap sebagai olahraga yang signifikan,” tutur peneliti.

Ditambah lagi, hasil penelitian didasarkan pada jumlah rata-rata waktu pasangan berhubungan seks, yaitu sekitar 25 menit. Jadi, kita dapat berasumsi bahwa semakin lama sesi bercinta, semakin banyak kalori yang bisa dibakar.

Ingin mencari tahu sendiri? Kalikan jumlah menit durasi Anda berhubungan seks dengan angka 4,2 kalori sebagai perkiraan para peneliti. Lalu, jumlah total yang didapat adalah kalori yang Anda bakar selama bercinta.

Selain itu, seks juga dapat meningkatkan kekebalan Anda. Orang yang berhubungan seks setidaknya sekali seminggu telah terbukti mendapat manfaat dari tingkat imunoglobulin A yang lebih tinggi, sebuah antibodi yang melindungi Anda dari penyakit, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Kehidupan seks yang sehat juga dapat menurunkan risiko kanker pada pria. Sebuah studi besar di British Medical Journal menemukan bahwa pria yang berejakulasi setidaknya 21 kali per bulan lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker prostat dibandingkan pria yang hanya berejakulasi empat hingga tujuh kali per bulan. (ger)

Sumber: viva.co.id

More articles

spot_img

News Update