Wednesday, August 10, 2022

Kabupaten Karimun Usulkan Pemekaran Dua Kecamatan Baru

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun usulkan pemekaran dua kecamatan baru di wilayah Kabupaten Karimun. Dua kecamatan itu, yakni Sugie Besar dan Selat Gelam.

Pembahasan terhadap usulan dua Kecamatan baru disampaikan dalam Sidang Paripurna Ranperda Usulan Pemekaran Wilayah di DPRD Karimun, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Kirim Produk dengan Kapal Pelni, Pelaku UMKM Akan Diberi Tarif Khusus

Nantinya dengan ada penambahan dua kecamatan baru, total seluruh kecamatan di Kabupaten Karimun ada 14 kecamatan.

Ketua Pansus Ranperda Usulan Pemekaran Wilayah, Samsul mengatakan, dua kecamatan yang akan dimekarkan adalah Kecamatan Sugie besar yang merupakan Kecamatan Moro, dan Kecamatan Selat Gelam yang saat ini masih merupakan wilayah Kecamatan Karimun.

“Proses pemekaran Kecamatan Selat Gelam dan Kecamatan Sugie Besar merupakan agenda yang memang sudah disusun sejak lama,” katanya.

Sebagaimana pemekaran yang pernah dilakukan dari sembilan Kecamatan jadi 12 kecamatan. Artinya, dua cikal bakal kecamatan baru ini sudah masuk pada agenda pemekaran sebelumnya.

Saat ini rencana pemekaran itu telah dalam pembahasan di tingkat Pansus. Kemudian dilanjutkan dengan studi banding, setelahnya dilakukan penataan dan kesiapan terhadap pemekaran kecamatan baru.

“Tujuan dari pemekaran adalah agar pelayanan kepada masyarakat dapat semakin ditingkatkan. Dalam artian, dengan terbentuknya pemekaran dua kecamatan nantinya, maka kemajuan di suatu daerah akan dapat didorong,” kata Samsul. (esp)

More articles

spot_img

News Update