Aparat TNI Berperan Aktif Tangani Corona

Must read

MEDAN, NAGOYAnews.net – Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah menyebutkan personel militer berperan aktif pada Gugus Tugas Penanganan Covid 19 dan pembentukan tim khusus di bawah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

“Selain itu pelaksanaan berbagai operasi mitigasi di tingkat pusat dan daerah,” ujar Irwansyah saat menjadi pembicara utama seminar nasional melalui vidio conference (vidcon) dari Medan yang digelar Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Sabtu (8/8/2020).

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Tak Semudah Dibayangkan, Protokol Kesehatan Anak Lebih Sulit

Seminar nasional itu dengan tema: Peranan TNI dalam Penanganan Covid 19 dan Ketahanan Ekonomi di Wilayah Kepulauan Riau.

Pangdam BBmengatakan sejak awal merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia, militer memang sudah ikut terlibat dalam penanganannya.

“Jadi peran dan kontribusi prajurit TNI yang selama ini bertugas tentu tidak dapat dikesampingkan dan layak diapresiasi. Pengerahan kekuatan militer sepenuhnya berada di tangan Presiden,” ujarnya.

Pangdam menyebutkan bahwa pelibatan militer mungkin dilakukan dan sesuai aspek mitigasi krisis, dampak terhadap masyarakat, dampak terhadap profesionalisme militer itu sendiri, serta kesesuaian dengan ketentuan hukum.

Dalam konteks itu, pelibatan militer pada operasi militer selain perang, TNI berperan sebagai garda pendukung terhadap instansi sipil.

“Pelibatan militer juga perlu ditempatkan sebagai upaya terakhir apabila penguatan terhadap instansi sipil terkait sudah tidak dimungkinkan,” katanya. (ger/ant)

More articles

spot_img

News Update