Wednesday, August 10, 2022

Rudalnya Sangar, Ini Sosok Kapal Perang Jerman Incaran Prabowo

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Tidak hanya dalam masa pemerintahan Soeharto saja ketika Indonesia banyak membeli kapal perang Jerman Timur. Kini Menteri Pertahanan yang diduduki oleh mantan menantunya itu kini menunjukkan ketertarikkannya pada kapal perang Jerman.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun VIVA Militer dari berbagai sumber Rabu 5 Agustus 2020, Prabowo Subianto tengah mengincar kapal perang milik Jerman, Lubeck F214.

Kapal berjenis Frigate yang ditaksir Prabowo itu dilengkapi dengan lima jenis radar yang berbeda yaitu radar pencarian udara EADS TRS-3D (tiga dimensi), radar pencarian gabungan (permukaan dan darat) WM 25 dan radar kendali I / J band.

Baca juga: TNI AU Miliki 80 Jet Tempur, Apa Saja ya

Kemudian Lubeck F214 juga dilengkapi dengan radar kontrol api Thales Nederland STIR 180, radar navigasi Kelvin Hughes Nucleus 5000, dan sonar STN Atlas DSQS-23BZ yang terpasang di lambung kapal.

Kapal kelas Bremen ini memiliki daya jelajah yang mencapai 7.400 kilometer dengan kecepatan maksimal 33 kilometer per jam. Selain itu Lubeck F214 juga mampu mengangkut 200 prajurit yang dilengkapi dengan persenjataan satu pistol OTO-Melara kaliber 76 mm dan dua pistol MLG27 autocann kaliber 27 mm.

Kapal yang diluncurkan pada 15 October 1987 silam tidak lupa untuk dilengkapi senjata perang anti pesawat sebagai perlindungan diri dengan kemampuan menembakkan rudal Sea Sparrow sebanyak 16 kali.

Kemudian sebagai kapal perang tentunya Lubeck F214 juga harus memiliki rudal anti kapal perang. Untuk itu Lubeck F214 dipersenjatai dengan 8 rudal anti kapal Harpoon.

Sementara itu untuk senjata anti kapal selam, kapal besutan Nordseewerke, Emden memiliki 4 peluncur torpedo Mark 32 324-mm, dan 8 torpedo DM4A1 atau Mark 46.

Memiliki panjang lebih dari 130 meter, Lubeck F214 mampu menangkut 2 helikopter Sea Lynx Mk.88A dengan beratnya yang mencapai 4,8 ton.

Jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki Lubeck F214 di atas, pantas saja jika mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu sangat tertarik dengan kapal bekas militer Jerman. (ger)

Sumber: viva.co.id

More articles

spot_img

News Update