10 Gunung Berapi Berbahaya di Dunia, Dua Berada di Indonesia

Must read

DENPASAR, NAGOYAnews.net – Akun Instagram @volcanoes_life merilis 10 gunung berapi berbahaya di dunia. Dari keseluruhan itu dua nama gunung yang terletak di Indonesia masuk daftar. Pada urutan keenam adalah Gunung Agung di Bali dan ke sepuluh yaitu Gunung Kelud di Jawa Timur.

Mengutip postingan tersebut pada Rabu, 5 Agustus 2020, nomor pertama ditempati oleh Gunung Iwo Jima di Jepang, Gunung Apoyeque di Nikaragua, Gunung Campi Flegrei di Italia, dan Gunung Trans Mexico Volcanic Belt di Meksiko.

Baca juga: BTKLPP Batam Kewalahan Terima 800 Sampel Swab dari Pemprov Kepri

Lalu ada Gunung Agung, Mount Cameroon di Kamerun, Gunung Taal dan Gunung Mayon – keduanya di Filipina, serta terakhir Gunung Kelud. “Penggemar gunung berapi dan ilmuwan di University of Manchester telah membuat daftar sepuluh gunung berapi paling berbahaya di dunia,” tulis akun tersebut dalam keterangannya.

Kemudian, dalam postingan berikutnya akun tersebut mengatakan Gunung Agung yang berada di Bali merupakan tempat suci yang ditinggali para dewa. Sebagian besar acara keagamaan dilaksanakan di puncak gunung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem tersebut.

Gunung Agung memiliki ketinggian 3.031 meter dan masih aktif hingga saat ini. Terakhir kali meletus pada 1964. Dari semua gunung yang ada di Bali, Gunung Agung dianggap paling sulit didaki.

“Dalam agama Hindu, Gunung Agung adalah pusat dari seluruh alam fisik, metafisik, dan spiritual. Para dewa mendiami Gunung Agung, termasuk Dewa Naga Basuki. Di lereng juga terdapat Pura Besakih yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun,” tulis akun @volcanoes_life.

Mereka juga mengatakan letusan Gunung Agung dilihat sebagai tanda-tanda ketidaksenangan dewa. Letusan besar terjadi pada 1350, namun peristiwa tersebut menyebabkan tanah menjadi subur dan membuat panen padi berlimpah.

Lalu, letusan juga terjadi pada 1963 dan 1964 yang menyebabkan lebih dari 2.000 nyawa melayang. Tapi aliran lahar tidak melewati Pura Besakih. Peristiwa ini dianggap sebagai mukjizat untuk masyarakat Bali dari para dewa dengan menjaga kuil. (nig)

Sumber: viva.co.id

More articles

spot_img

News Update