Waspada Berpergian ke Luar Daerah, ini Daftar 53 Kota/Kabupaten Zona Merah Covid 19

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Badan Nasional Penanggulangan Bencana merilis daftar kabupaten/kota yang memiliki risiko tinggi penyebaran virus Corona. Per tanggal 26 Juli ada kenaikan dari 35 ke 53 kabupaten/kota yang masuk zona merah.

“Berdasarkan hasil 15 indikator kesehatan masyarakat terdapat 53 kabupaten kota masuk risiko tinggi, 185 zona sedang, rendah 182, 51 kabupaten/kota zona hijau tidak ada kasus baru selama 4 minggu terakhir dan angka kesembuhan 100 persen, dan ada 43 kabupaten/kota yang tidak terdampak,” ujar anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah, dalam tayangan BNPB, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Mutasi Perwira Polri, Yos Guntur Jabat Kapolresta Barelang

Data pergeseran zonasi ini menurutnya terjadi secara dinamis. “Kalau sebelumnya ada 35 dalam waktu seminggu ada 53, oh berarti nambah 18 ya, tapi ternyata nggak begitu juga. Ternyata dari risiko sedang ke tinggi ada 30 kabupaten/kota, artinya apa? bisa saja nambah 20 namun ada juga yang tinggi ada yang turun ke rendah. Ini yang bisa kita menilai apakah kondisi di daerah apakah sudah mulai terkendali atau ada kasus yang sedang tinggi di sana,” ujar Dewi.

Dari data BNPB, lima kota administratif di DKI Jakarta kini berada pada zona risiko tinggi atau merah, sedangkan satu kabupaten pada zona risiko sedang.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyampaikan situasi di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas. Ia juga meminta pemerintah daerah untuk memperhatikan kondisi wilayah secara serius.

“Terlihat bahwa pada minggu lalu, 19 Juli, ada 33 persen atau dua wilayah, yaitu Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, dengan risiko tinggi yaitu merah. Dan pada Minggu, 26 Juli, ada lima kota di Jakarta yang risiko tinggi. Ini harus kita cermati bersama. Bahkan pada Minggu, 21 Juni, ada satu daerah yang zona tidak terdampak yaitu Kepulauan Seribu sekarang sudah menjadi risiko sedang,” kata Prof. Wiku.

Sementara Surabaya yang disebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah menjadi zona hijau virus Corona COVID-19, menurut data BNPB per 26 Juli masih masuk zona merah. (esp)

Berikut daftar 53 Kabupaten/Kota yang masuk Zona Merah Corona per 26 Juli 2020

DKI JAKARTA
JAKARTA SELATAN
JAKARTA PUSAT
JAKARTA BARAT
JAKARTA TIMUR
JAKARTA UTARA

More articles

spot_img

News Update