Rupiah Masih Melemah Bikin Investor Harap-harap Cemas

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih mengalami pelemahan pada perdagangan Selasa, 4 Agustus 2020. Rupiah ditransaksikan di kisaran atas Rp14.600 per dolar AS.

Perdagangan di pasar spot, seperti dilihat pada pukul 10.25 WIB, rupiah ditransaksikan pada level Rp14.672 per dolar AS. Melemah 0,29 persen dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.630 per dolar AS.

Baca juga: Mulai Hari Ini, PNS Pemko Batam Kembali Kerja dari Rumah

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.697, menguat tipis dari posisi kemarin Rp14.713 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menyatakan, pergerakan tersebut dipengaruhi kekhawatiran pelaku pasar keuangan dan investasi terhadap realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020.

Adapun data pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 akan diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) besok, Rabu, 5 Agustus 2020. Pelaku pasar memahami pada periode itu ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh negatif, tapi berharap pada kuartal III bisa tumbuh positif.

“Pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga akan mengalami penurunan bahkan bisa saja terjadi kontraksi, sehingga Indonesia bisa masuk dalam fase resesi apabila di kuartal II dan kuartal III terjadi kontraksi,” tuturnya.

Karena itu, dia berharap, banyak pihak yang ingin agar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia bisa segera dilonggarkan. Tidak lagi terus dalam lingkup masa transisi.

“WHO sendiri memberikan informasi bahwa suatu negara atau pemerintah untuk menangani laju peningkatan terhadap pandemi virus Corona bukan dengan cara menutup diri atau lockdown, tetapi masyarakat dalam aktivitasnya sehari-hari menggunakan masker dan menjaga jarak,” ucap dia. (arg)

Sumber: viva.co.id

More articles

spot_img

News Update