PPDP Karimun Rampungkan 80 Persen Proses Coklit

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di Kabupaten Karimun telah menyelesaikan 80 persen proses pencocokan dan penelitian terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2020.

Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) telah dimulai sejak 15 Juli 2020 kemarin, dan ditargetkan selesai pada 13 Agustus 2020 mendatang.

Baca juga: Oknum Pegawai BP Batam Kena OTT Pemalsuan Faktur Lahan

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, proses coklit untuk DP4 hampir rampung dilakukan oleh PPDP.

Bahkan ada satu Kecamatan telah siap 100 persen, dan tinggal melakukan rekap data untuk diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (TPS).

“Sampai hari ini sudah 80 persen selesai proses coklit. Kecamatan Buru telah 100 persen selesai, tinggal rekap data saja,” ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Dalam proses Coklit petugas mengalami beberapa hambatan, khususnya di kawasan perkotaan wilayah Kabupaten Karimun.

“Kendala petugas itu di daerah perkotaan, karena masyarakat di sana lebih tertutup. Jadi petugas harus beberapa kali datang untuk melakukan coklit. Berbeda dengan masyarakat Desa, petugas lebih mudah dalam mendapatkan data,” katanya.

Sampai saat ini pihaknya belum ada menemukan data ganda saat proses pencocokan dan penelitian DP4. Petugas hanya menemukan data penduduk yang baru meninggal, dan penduduk baru yang telah memiliki hak suara.

“Sejauh ini data ganda tidak ada. Kita hanya temukan sejumlah pemilih yang sudah meninggal dan juga pemilih baru,” kata Eko. (esp)

More articles

spot_img

News Update