Wednesday, August 10, 2022

Masih Keluarkan Izin Alfamart, DPRD: Pemko Batam Pembohong

Must read

BATAM, Nagoyanews.net – Pemko Batam berbohong dan tak menepati janji untuk tidak lagi mengeluarkan lagi izin operasi gerai Alfamart dan Indomaret.

Temuan adanya izin dari Pemko Batam untuk pendirian gerai Alfamart ini hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi I DPRD Batam di gerai baru Alfamart Kaveling Senjulung, Rabu (22/7/2020).

Anggota Komisi I DPRD Batam, Utusan Sarumaha mengatakan, hasil sidak di lapangan ternyata bangunan tersebut memiliki izin lengkap dari Pemko Batam melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batam.

Sidak ke gerai Alfamart baru itu dipimpin oleh Ketua Komisi I Budi Mardiyanto bersama anggota Utusan Sarumaha dan Muhammad Fadli.

Hal ini membuat DPRD Batam geram karena Pemko Batam membohongi publik. Pasalnya, Pemko Batam menyebut sejak tahun 2019 sampai sekarang tidak ada lagi penambahan izin baru untuk Indomaret dan Alfamart.

“Gerai Alfamart itu ada izin, berarti DPM-PTSP telah melakukan kebohongan publik dan harus mempertanggungjawabkan ini,” kata Utusan Sarumaha, Kamis (23/7/2020).

Padahal sebelumnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara DPRD Batam, Pemko Batam dan Forum Pengusaha Pribumi Indonesia (Forppi), Kepala DPM-PTSP Kota Batam Firmasnyah menyebut tidak ada lagi penerbitan izin baru untuk Indomaret dan Alfamart sejak 2019 sampai tahun ini.

“Kami akan panggil segera semua pihak seperti manajemen kedua gerai ini dan pemerintah kota. Sebenarnya siapa di sini yang pembohong dan bermain,” ujarnya.

Berdasarkan data DPM-PTSP Kota Batam dalam RDP saat ini total jumlah keseluruhan gerai Alfamart dan Indomaret di Kota Batam mencapai 361 gerai. Gerai Alfamart berjumlah 167 gerai dan Indomaret berjumlah 194 gerai. (arg)

More articles

spot_img

News Update