Karantina Karimun Awasi Masuknya Sapi Bodong

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun perketat pengawasan hewan kurban jelang Idul Adha 1441 Hijriyah/2020.

Koordinator Fungsional Karantina Hewan Stasiun Karantina Pertanian Kelas IIB Tanjungbalai Karimun mengatakan, selain memastikan kesehatan hewan kurban, petugas juga turut melakukan pemeriksaan surat- surat dokumen karantina.

“Hingga -9 sebelum Idul Adha semua hasilnya semua hewan kurban yang masuk Karimun dilengkapi dokumen,” ujarnya, Selasa (22/7/2020).Baca juga: Mortir Peninggalan Jepang Gegerkan Warga Karimun

Pada tahun 2019 lalu ada 10 sapi bodong ditemukan di Karimun. Sapi- sapi itu, masuk ke Karimun dengan modus memalsukan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Jadi modusnya itu pemilik memeriksakan satu ekor sapi dan kemudian memalsukan SKKH untuk sapi-sapinya yang lain,” katanya.

Karantina lalu meminta para pemilik sapi bodong untuk segera mengurus SKKH dan surat izin Karantina.

“Tahun lalu kita tindak sampai penolakan. Ada yang sampai mau dipidanakan karena pemilik tidak mau sapinya diperiksa. Lalu selesainya setelah pemilik akhirnya mau diperiksa dan mengurus surat-surat,” katanya.

Jemi menambahkan, apabila tahun ini kembali menemukan sapi bodong, pihaknya akan melakukan penahanan sampaiu persyaratan dilengkapi oleh pemilik hewan kurban.

Dokumen SKKH sekarang menyertakan uji lab brucellosis dan jembrana serta sertifikat karantina. “Untuk mengurusnya di daerah asal hewan, bukan di sini,” ujarnya.

More articles

spot_img

News Update