Wednesday, August 10, 2022

BC Karimun Gagalkan Penyeludupan Kain Tekstil Rp12,7 Miliar

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B menggagalkan penyelundupan 3.395 roll kain tekstil di Perairan Pantai Pelawan Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat, Karimun, Selasa (14/7/2020).

Ribuan kain tekstil senilai Rp12.738.750.000 ini diangkut KM Karya Sakti dengan modus ditutupi menggunakan 49 buah kasur.

Baca juga: Mobil Ketua DPRD Kepri Kecelakaan di Telagapunggur

Penangkapan KM Karya Sakti bermuatan ribuan kain tekstil itu berawal dari informasi adanya upaya penyeludupan ke Indonesia.

“Penegahan dilakukan Kapal Patla milik BC di perairan pelawan. Saat ditegah, kapal dalam keadaan kosong dan diduga ABK kapal telah mengetahui pergerakan tim patroli BC dan melarikan diri,” kata Kepala KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun Agung Marhaendra Putra di Kanwil DJBC Kepri, Senin (20/7/2020).

Saat dilakukan pemeriksaan bersama perangkat RT dan RW setempat kapal tersebut terdapat ribuan kain tekstil dibawa dengan disamarkan menggunakan kasur.

“Kami temukan di atas kapal ribuan roll kain tekstil yang ditutupi menggunakan kasur. Potensi kerugian negara di kasus ini Rp4.962.558.405,” katanya.

Bea Cukai Karmun saat ini sedang menelusuri asal dan tujuan barang tersebut. “Untuk tujuannya tentu bukan di Kepri, karena di sini tidak ada industrinya,” kata Agung. (arg)

More articles

spot_img

News Update