Wednesday, August 10, 2022

3 Laptop Murah Rp 3 Jutaan, Untuk Belajar di Rumah Selama Pandemi

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Setelah sebelumnya kami membuat rekomendasi laptop Rp 5 jutaan untuk belajar di rumah, kini kami membuat rekomendasi laptop murah Rp 3 jutaan. Apa saja?

Di saat adaptasi kebiasaan baru atau New Normal, tahun ajaran baru dilakukan dengan kembali belajar di rumah. Anak-anak tentu butuh laptop untuk membantu mengerjakan tugas-tugas kuliah. Apalagi untuk mereka yang sudah SMP dan SMA. Untungnya, ada beberapa pilihan laptop murah dengan harga Rp 3 jutaan.

Laptop di kelas harga Rp 3 jutaan kebanyakan menggunakan layar berukuran 14 inch dengan resolusi HD. Pilihan prosesor yang lazim dipakai di kelas harga ini adalah Intel Celeron N4205 dan AMD A4-9125.

Berikut adalah rekomendasi laptop murah Rp 3 jutaan untuk membantu anak belajar di rumah saat pandemi Corona:

HP 14s cf1046TU cf1047TU (Rp 3,7 juta)

Ini adalah laptop HP yang menggunakan prosesor Intel Celeron 4205U, dengan kecepatan dasar 1,8GHz dan mempunyai dua core. RAM-nya adalah DDR4-2133 4GB satu keping, dengan storage HDD 1TB SATA 5400rpm.

Layarnya 14 inch HD, dengan teknologi BrightView micro edge. Uniknya, laptop ini menggunakan keyboard yang mempunyai backlight, sebuah fitur yang biasanya ada di laptop dengan harga jauh lebih tinggi.

Lenovo Ideapad S145-14AST (Rp 3,75 juta)

Laptop Lenovo ini memakai AMD A4-9125 APU sebagai otaknya, dengan kecepatan dasar 2,3GHz dual core, dan GPU terintegrasi Radeon R3. RAM yang dipakai adalah 4GB DDR4 satu keping, dengan storage SSD 256GB.

Layar yang dipakai berukuran 14inch HD anti glare. Meski tak punya keyboard backlight, Ideapad S145 ini sudah menggunakan SSD yang membuatnya lebih ngegas saat membuka aplikasi. Oh ya, Lenovo juga membundling laptop ini dengan Microsoft Office Home& Student 2019.

Asus Vivobook M409BA-BV422T

Asus memilih AMD A4-9125 sebagai otak untuk laptop ini, dengan kecepatan dasar 2,3GHz dual core, dan GPU terintegrasi Radeon R3. RAM yang dipakai adalah 4GB DDR4 satu keping, dengan storage SSD PCIe 256GB.

Layarnya 14 inch LED HD anti glare, dengan teknologi Nano Edge yang mempunyai sudut pandang sampai 178 derajat. Laptopnya sendiri tersedia dalam warna Transparan Silver dan Slate Grey. Satu hal menarik dari laptop ini adalah keberadaan sensor sidik jari untuk Windows Hello, yang bisa dipakai untuk login ke laptop.

Kesimpulan

Ketiga laptop di atas mempunyai RAM 4GB namun soal storage ada yang menggunakan HDD 1TB dan ada juga yang memakai SSD 250GB. Saran kami adalah, jika ada dana yang tersisa, upgrade-lah RAM-nya menjadi 8GB dengan menambah satu keping RAM 4GB.

Hal ini perlu dilakukan karena aplikasi saat ini semakin boros RAM, salah satunya adalah browser Google Chrome yang punya market share paling besar di dunia saat ini. Dengan menambah RAM menjadi 8GB (harganya berkisar Rp 300-400 ribu) performa laptop akan relatif terjaga meski membuka banyak tab di Chrome.

Lalu jika laptop yang dipilih belum menggunakan SSD, saran kami adalah mengupgrade HDD-nya menggunakan SSD, dengan harga di kisaran Rp 300 ribuan untuk kapasitas 120GB atau Rp 450 ribu – Rp 800 ribu untuk kapasitas 250GB.

Perubahan HDD menjadi SSD ini bisa meningkatkan kecepatan membuka aplikasi secara drastis, dan karena tak ada komponen yang bergerak pada SSD, komponen ini lebih tahan terhadap guncangan ketimbang HDD. Harapannya adalah meski tergolong laptop murah, kinerjanya pun masih mumpuni untuk kebutuhan belajar di rumah. (ger)

Sumber: detik.com

More articles

spot_img

News Update