Wednesday, August 10, 2022

12 Juta Orang di Indonesia Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi, Jumlahnya Terus Bertambah

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Hingga saat ini ada sekitar 12 juta pekerja yang diberhentikan dan dirumahkan dampak pandemi Covid-19 (virus corona).

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Anton Supit dalam seminar digital bertajuk “Kemiskinan Ekstrem dan Oligarki Ekonomi di Masa Pandemi” di Jakarta, yang diselenggarakan lembaga riset SigmaPhi, Jumat (17/7/2020).

“Sebagian besar tidak dilaporkan ke dinas tenaga kerja karena tidak ada dispute antara pekerja dengan pemberi kerja,” ujarnya.

Terkait hal itu, Anton meminta pemerintah perlu lebih fokus membantu dunia usaha. “Saat ini, dana pemulihan ekonomi lebih banyak yang urusannya dengan kredit perbankan,” jelasnya.

Sementara itu, dalam forum yang sama, Staf Khusus Presiden Arif Budimanta menyatakan, pemerintah tetap membantu kelompok menengah-atas melalui program restrukturisasi kredit bagi para pemilik perusahaan, subsidi bunga kredit, dan perpajakan.

Namun, Arif juga menyatakan, pemerintah saat ini lebih memprioritaskan program pemulihan ekonomi nasional kepada masyarakat miskin, termasuk usaha mikro, tanpa melupakan kelompok menengah-atas.

More articles

spot_img

News Update