Siapa PNS Pertama di Indonesia? Ini Sosoknya

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS)  menjadi impian banyak orang di Indonesia. Setiap pembukaan tes masuk CPNS saja, masyarakat berbondong-bondong untuk mendaftar ikut tes.

Dari data terbaru Badan Kepegawaian Negara (BKN), PNS sendiri per Desember 2019 jumlahnya ada 4.189.121 pegawai. Jumlah ini paling rendah selama 10 tahun terakhir, paling tinggi pada tahun 2010 dengan jumlah keseluruhan 4.598.100 orang.

Menarik untuk diketahui, siapa sih orang pertama yang jadi PNS di Indonesia? Ternyata, PNS yang pertama di Indonesia adakah Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001.

PNS Pertama di RI Foto: Dok. Humas_Jogja/detik.com
PNS Pertama di RI Foto: Dok. Humas_Jogja/detik.com

Baca juga: Bantu Petani dan Nelayan, Pemprov Kepri Akan Dirikan BUMD Pertanian

Hal ini diketahui dari unggahan akun Twitter resmi Pemerintah Daerah Yogyakarta, @humas_jogja. Pada 29 November 2019 yang lalu, tepatnya saat HUT Korpri 48, akun ini mengunggah gambar kartu keanggotaan PNS milik Sri Sultan

“Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001,” tulis @humas_jogja dalam unggahannya.

Dalam gambar terdapat foto Sri Sultan serta beberapa data lainnya, mulai dari NIP, nama, tanggal lahir, hingga tahun jadi pegawai. Dalam foto kartu keanggotaan ini tertulis Sri Sultan menjadi PNS sejak tahun 1940.

Foto kartu ini juga dilengkapi dengan tanda tangan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) A.E Manihuruk. Tokoh ini lah yang mengangkat dan melegalkan Sri Sultan menjadi seorang PNS.

More articles

spot_img

News Update