Wednesday, August 10, 2022

Karimun Ekspor 350 Ton Kelapa ke Malaysia

Must read

KARIMUN, NAGOYAnews.net – PT Saricotama Indonesia mengekspor produk pertanian berupa bungkil kelapa ke Malaysia, Rabu (15/7/2020).

Pelepasan ekspor bangkil kelapa itu menandai tren ekspor pertanian di Kabupaten Karimun pada triwulan 1 positif dengan persentase sebesar 8 persen.

Kepala Badan Karantina Pertanian RI Ali Jamil mengatakan, ekspor komoditas unggulan di Karimun itu dilakukan dalam bentuk olahan setengah jadi, masing-masing meliputi 35 ton bungkil dan 5 ton komoditas air kelapa ke Malaysia.

“Ekspoer kali ini sebanyak 35 ton bungkil kelepa termasuk air kelapa ada 5 ton, juga tadi ada tambahan dari perusahaan lain berupa kulit bakau ke Fliphina,” ujarnya.

Baca juga: Isdianto-Suryani Selangkah Lagi Amankan Tiket ke Pilkada Kepri

Untuk komoditas kelapa, kata Jamil, perusahaan eksportir di Karimun mampu melakukan pengiriman sebanyak empat kali dalam sepekan dengan estimasi mencapai 1.000 ton untuk setiap minggu.

“Satu minggu itu empat kali berangkat hampir 1.000 ton bahan kelapa,” katanya.

Pihaknya saat ini tengah mendorong perusahaan yang terlibat dalam eksportir produk pertanian terhadap eksplorasi lainnya yang bisa dihasilkan dari komoditas kelapa.

“Nanti bukan lagi hanya bungkil kelapa saja tapi misalnya santan, tepung kelapa, atau kelapa parut kering, atau nanti bahkan minyak kelapa,” katanya.

Hal ini sejalan dengan program yang tengah digalakan oleh kementerian pertanian melalui jargon gerakan tiga kali ekspor (Gratiks). (arg)

More articles

spot_img

News Update