Empat Tahun PAD Batam Tak Capai Target, Ini Alasan Rudi

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Pemko Batam tak pernah mencapai target realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam dalam waktu empat tahun terakhir.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, tak tercapainya target realisasi PAD ini disebabkan banyak sektor pajak yang tak bisa terpenuhi.

Seperti pajak hotel, di mana pemesanan kamar hotel berbasis online, dan pajak reklame banyak pengusaha reklame yang tidak perpanjang waktu tayang.

Baca juga: Kasus SPPD Fiktif, Bendahara Sekretariat DPRD Karimun Ditahan

Pada tahun 2019 lalu, realisasi PAD hanya sebesar 87,8 persen. “Karena kamar hotel murah dengan pesan melalui online dan reklame tak diperpanjang,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat membacakan jawaban atas pandangan fraksi dalam Rapat Paripurna DPRD Batam, awal pekan kemarin.

Selanjutnya, penurunan terjadi dari sektor Pajak Parkir, karena adanya pemberlakuan drop off kendaraan selama 15 menit. Aturan itu didasarkan pada Perda nomor 3 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan dan retribusi parkir.

”Sehingga berdampak terhadap berkurangnya penerimaan pajak parkir,” katanya.

Kemudian, kendala lain adalah belum membaiknya perekonomian global. Sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap properti baru.

”Dari wajib pajak, juga belum maksimal untuk pembayaran PBB-P2,” jelasnya

More articles

spot_img

News Update