Pemulihan Ekonomi Batam, Kadin Desak Kebijakan Ekstra Luar Biasa

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Batam berharap Pemko dan BP Batam melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo agar bekerja ekstra luar biasa dengan rasa suasana krisis demi mengebut pemulihan ekonomi.

Pemko dan Badan Pengusahaan Batam diminta menggodok formula yang tepat untuk membangkitkan kembali perekonomian. Salah satunya melalui perbaikan birokrasi perizinan usaha di Batam dengan lebih cepat dan sederhana.

Baca juga: Menteri ESDM Kurangi Subsidi Listrik Tahun Depan

“Semua para pengambil keputusan di Batam, agar bisa menerjemahkan intruksi Presiden Joko Widodo, untuk pemulihan Ekonomi di masa pandemic Covid-19. Semua keputusan yang dibuat harus extraordinary, yang luarbiasa dan berdampak bagi ekonomi dan masyarakat,” papar Ketua Kadin Kota Batam Jadi Rajagukguk, Senin (29/6).

Kemudahan perizinan seperti ekspor dan impor agar lebih cepat dan efisien dinilai mampu mendorong pemulihan ekonomi bisa kembali berdenyut karena sejak pandemi ekspor impor mengalami penurunan. “Kecepatan pelayanan dan perizinan dalam suasana extraordinary seperti ini sangat diperlukan,” sambung dia.

Menurut Jadi, banyak sektor industri di Batam terpukul oleh pandemi sehingga dengan kondisi yang luar biasa perlu diimbangi dengan kebijakan yang luar biasa pula. “Di semua pelayanan dan perizinan harus di tata ulang, buat simple dan sederhana. Mulai di perizinan pemanfaatan lahan, lalu lintas barang ekspor dan impor, kepelabuhanan, kemaritiman, industri, dan semua perizinan yang ada di BP Batam. Karena situasi ini bukan situasi normal tapi situasi krisis,” papar dia.

More articles

spot_img

News Update