Wednesday, August 10, 2022

Lebih Fokus Pelayanan Masyarakat, Hijazi: Wali Kota Tak Harus Rangkap Kepala BP Batam

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Kota Batam didesain pemerintah pusat sebagai daerah pengembangan industri. Dalam menjalankan roda pemerintahan, Wali Kota Batam juga merangkap jabatan sebagai kepala BP Batam.

Bakal Calon Wali Kota Batam, Ahmad Hijazi menilai Wali Kota Batam tidak perlu merangkap sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam. Hal tersebut agar Wali Kota Batam lebih fokus mengayomi dan melindungi masyarakat Kota Batam.

Baca juga: DKPP Besok Akan Periksa Tujuh Penyelenggara Pemilu Kota Batam

Ia mengatakan, kebijakan ex officio merupakan ranahnya Presiden dan Menko Perekonomian. Pemerintah daerah hanya bersifat penerima setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Menurut dia, dalam urusan pemerintah itu, ada beberapa yang pembagian urusan seperti urusan pemerintah mutlak, desentralisasi, dekonsentralisasi dan urusan pemerintah pembantu.

“Dalam konteks penyelenggaraa pemerintah ini maka menurut saya akan lebih baik Wali Kota Batam itu lebih fokus melaksanakan urusan desentralisasi otonomi daerah. Sehingga betul-betul mengayomi dan melindungi rakyat serta bisa melaksanakan apa yang manjadi kewajiban pemerintah daerah,” ujarnya, Senin (29/6/2020).

More articles

spot_img

News Update