KPK Rilis 10 Provinsi Terkorup, Kepri di Urutan 6

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis 10 provinsi terkorup di Indonesia berdasarkan data dari tahun 2004 hingga 2019. Hal itu berdasarkan banyaknya kasus dari provinsi tersebut yang ditangani KPK

Data tersebut disampaikan oleh Ketua KPK Firli Bahuri saat menggelar diskusi interaktif dengan gubernur se-Indonesia melalui saluran YouTube KPK.

“Kita lihat daerah-daerah mana saja yang sering, rentan terjadi korupsi, bisa dilihat,” ujarnya sambil menampilkan slide daftar 10 provinsi terkorup di Indonesia seperti dilansir dari lawjustice.co, Jumat (26/6/2020).

Berdasarkan data tersebut, posisi pertama bukan dari provinsi yang ada di Indonesia, melainkan dari sektor pemerintah pusat. Jumlah kasus korupsi yang ditangani KPK dari pemrintah pusat sebanyak 359.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Peternak Batam Pasok 18.500 Hewan Kurban

Ada pun posisi kedua dipegang oleh Provinsi Jawa Barat dengan 101 kasus disusul Jawa Timur dan Sumatera Utara dengan masing-masing 85 dan 64 kasus.

Sementara di posisi keempat ada Provinsi DKI Jakarta yang kini dipimpin Anies Baswedan dengan 61 kasus. Lalu, di posisi keenam ada Provinsi Riau dan Kepulauan Riau dengan 51 kasus korupsi.

Lalu masuk Jawa Tengah di posisi ketujuh dengan 49 kasus, sementara Lampung berada di posisi kedelapan dengan 30 kasus.

Ada pun provinsi yang berada di posisi kedua terakhir dalam peringkat 10 besar ini adalah Banten berada di posisi kesembilan dengan 24 kasus dan Sumatera Selatan, Bengkulu, Kalimantan Timur dan Papua berada di posisi kesepuluh dengan jumlah kasus yang sama, yakni 22 kasus.

More articles

spot_img

News Update