Wednesday, August 10, 2022

Curhatan Pelaku UMKM Dihantam Corona, Omzet Menurun hingga Usaha Gulung Tikar

Must read

JAKARTA, NAGOYAnews.net – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling terpukul di tengah pandemi virus corona.

Tak hanya sekadar mengalami penurunan omzet selama pandemi, namun banyak pelaku UMKM yang terpaksa berhenti alias gulung tikar.

Mantan calon Wakil Presiden RI yang juga pengusaha nasional, Sandiaga Uno mengatakan, sejak Maret lalu telah mendapat banyak curhatan dari pelaku UMKM. Sekitar 47% bisnis UMKM diprediksi terhenti dan sisanya mengalami penurunan omzet.

Baca juga: Butuh Jumlah Besar, Kadin: Pemerintah Jangan Lamban Gelontorkan Stimulus Ekonomi

“Ini berat tentunya, tertekan luar biasa, para UMKM menjerit. Covid 19 ini saya di awal bulan Maret sudah dapat curhatan oleh para pedagang kecil. Ibu Hikmah pengrajin kembang di Pasar Rawa Belong. Penjualan menurun, kesulitan bahan baku dan kredit mulai macet,” kata Sandiaga dalam webinar OK OCE Indonesia ‘Adaptasi UMKM dalam Hadapi New Normal’ seperti dilansir dari detik.com, Jumat (19/6/2020).

Menurut dia, pandemi corona ini langsung menghantam ekonomi keluarga. “Karena kehilangan mata pencaharian dan terbebani juga naiknya biaya rumah tangga mulai dari biaya listrik dan sebagainya,” tambahnya.

More articles

spot_img

News Update