Konektivitas Antar Pulau Geliatkan Ekonomi Kepri

Must read

PINANG, NAGOYAnews.net – Provinsi Kepri yang berbatasan dengan lima negara tetangga dan berada di jalur internasional memiki potensi strategis dalam peningkatan ekonomi. Walaupun memiliki memiliki laut yang luas sejatinya laut bukanlah pemisah.

“Laut dapat menjadi pemersatu, jika dirangkai melalui satu pulau ke pulau lainnya melalui konektivitas atau ketersambungan,” kata Plt Gubernur Kepri Isdianto dalam video conference Rapat Koordinasi Rencana Pengoperasian Short Sea Shipping di Kepri bersama Menko Kemaritiman, dalam rapat yang dipimpin Asisten Deputi Infrastruktur Konektivitas Kemenko Maritim, Rusli Rahim.

Menurut dia, di sinilah pentingnya aksesibilitas antar wilayah yang dapat mendukung keberlangsungan ekonomi serta pengembangan pulau-pulau dan daerah di sekitarnya.

Kawasan-kawasan di sekitar Laut Natuna Utara ungkap Isdianto sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa. Berbagai potensi ini jika digali dan dikelola dengan baik akan menjadi aset yang justru membawa dampak positif dan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Hadapi New Normal, Jokowi Ingatkan Daerah Tetap Waspada

“Untuk itulah diperlukan infrastruktur, sarana dan prasarana yang mendukung konektivitas atau keterhubungan antar pulau-pulau disekitarnya,” ucapnya.

Selanjutnya Isdianto menyampaikan bahwa atas nama pemerintah serta seluruh masyarakat Provinsi Kepri sangat menyambut baik dan positif tentang adanya Rencana Pengoperasian Short Sea Shipping Di Kepulauan Riau, sesuai dengan berita acara serah terima nomor: PL. 108/114/BAST/SATKER-TSDP/II/2020 tanggal 21 Februari 2020 bahwa telah diserahkan operasional kapal KMP. Bahtera Nusantara 01 dari Kementerian Perhubungan kepada PT ASDP Indonesia dan akan melayani lintasan Tanjunguban-Matak-Natuna-Serasan-Sintete-Tambelan-Tanjung Uban dengan total jarak 824 mile.

“Beberapa waktu lalu kami juga telah mengutus tim untuk melakukan peninjauan ke KMP Bahtera Nusantara 01 yang saat ini telah bersandar di Tanjunguban,” katanya.

More articles

spot_img

News Update