Wednesday, August 10, 2022

Gerai Saling Berdekatan, Indomaret dan Alfamart Pelan-Pelan Matikan Usaha Kecil

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Pemko Batam memberikan izin operasi Indomaret dan Alfamart di Batam. Masing-masing ada 150 gerai, sehingga total ada 300 gerai Indomaret dan Alfamart.

Selain jumlahnya yang banyak, keberadaan gerai Indomaret dan Alfamart juga saling berdekatan, sehingga berpotensi menimbulkan persaingan tidak sehat dan secara perlahan-lahan mematikan warung kecil.

Masyarakat menilai Pemko Batam melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) terkesan hanya berorientasi untuk mendapat sumber retribusi tanpa mempertimbangkan jarak sehat secara bisnis antara satu gerai dengan gerai yang lain.

Baca juga: Pak Wali, UMKM Batam Butuh Suntikan Modal Bangkit dari Pandemi

Hampir di seluruh tempat di Batam, terutama di kawasan pemukiman penduduk dan juga ruko berdiri gerai Indomaret dan Alfamart. Keberadaan toko retail berjaringan ini bukan hanya satu gerai, namun bisa mencapai dua hingga tiga gerai. Jaraknya juga saling berdekatan, dan tak berselang beberapa ruko saja. Secara tak langsung mematikan usaha kecil yang berada di sekitarnya.

“Saya juga heran dengan Pemko Batam, kenapa bisa gerai Alfamart dan Indomaret ini bisa lebih dari satu gerai di satu pemukiman atau ruko. Jaraknya sangat berdekatan, sehingga secara tak langsung pelan-pelan mematikan usaha kami,” kata Indah, pemilik usaha kecil di kawasan Seipanas.

Menurut dia, Pemko Batam sangat tidak memperdulikan nasib masyarakat dan lebih penting mendongkrak pendapatan dari pajak yang didapat dari Alfamart dan Indomaret.

More articles

spot_img

News Update