Lapor Pak Wali, Sudah Masuk Hari Keempat Situs PPDB Online Masih Sulit Diakses

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Memasuki hari keempat setelah resmi diluncurkan pada Rabu (10/6/2020) lalu, pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online bagi siswa SD dan SMP yang disiapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, di laman http://ppdb-batam.id masih sulit diakses masyarakat.

Sulitnya mengakses situs PPDB online ini menjadi keluhan masyarakat, karena khawatir anak mereka bisa mendaftar dan masuk ke sekolah negeri, walaupun Disdik Batam memberikan waktu lama pendaftaran sekolah hingga 26 Juni 2020 mendatang.

“Sudah masuk hari keempat situs PPDB online masih sulit diakses,” kata Erik, warga Batam Centre yang hendak mendaftarkan anaknya ke SDN 009 Batam Kota kepada NAGOYAnews.net, Sabtu (13/6/2020).

Ia menjelaskan, baru pada hari ketiga, Jumat (12/6/2020) bisa masuk, namun saat akan melakukan tahapan pendaftaran dengan mengisi persyaratan, namun laman pendaftaran down.

“Baru mengisi nama siswa, situs down lagi. Beberapa kali dicoba seperti itu. Gagal terus mendaftar,” ujarnya.

Menurut dia, hal ini juga sudah disampaikan ke guru sekolah tempat ia akan mendaftarkan anaknya, pihak sekolah mengatakan, sulitnya mengakses karena sistem.

“Kata pihak sekolah, nanti akan dicari solusi apakah ini akan di-offline-kan. Bagaimana nantinya akan diberi informasi,” katanya.

Meski demikian, sambungnya, ada juga beberapa siswa yang sudah mendaftar. “Setelah bisa mendaftar online kemudian di-print formulirnya, dan dikirim grup WA (whatsapp) yang sudah disediakan pihak sekolah. Dari keterangan, masih banyak yang belum mengembalikan formulir yang diisi, karena hanya satu sampai dua siswa saja yang bisa mendaftar,” jelasnya.

Senada disampaikan, Arifin, warga Bengkong yang hendak mendaftarkan anaknya di SMPN 4 Batam. Sejak hari pertama, ia tak bisa mengakses situs PPDB online.

Setelah membuka laman http://ppdb-batam.id dan meng-klik link yang disediakan, tetap saja gagal dan mendapatkan pemberitahuan yang bertuliskan SAAT INI SERVER SEDANG PENUH DENGAN PENGUNJUNG MOHON UNTUK KEMBALI BEBERAPA SAAT LAGI.

Sebelumnya, DPRD Batam terus melakukan pengawasan dan monitoring terkait pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online yang dilaksanakan Pemko Batam. Hingga hari ketiga pelaksaan PPDB online. situs pendaftaran online bagi siswa SD dan SMP yang disiapkan Pemko Batam, http://ppdb-batam.id masih sulit diakses masyarakat.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemko Batam dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam terkait situs pendaftaran online yang sulit diakses,” kata Ketua Komisi IV DPRD Batam Ides Madri kepada NAGOYAnews.net, Jumat (12/6/2020).

Berdasarkan keterangan Disdik Batam, masyarakat yang mengakses situs pendaftaran online ini melebihi kapasitasnya, sehingga situs tak bisa diakses. “Kapasitasnya hanya bisa menampung 1.200 pendaftar. Diperkirakan yang mendaftar per hari mencapai ribuan. Sistem ini tidak kuat maka berakibat error,” katanya.

Namun ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir, sebab masa waktu pendaftaran cukup lama, yakni hingga 26 Juni 2020. “Masyarakat jangan takut, karena waktu pendaftaran dibuka cukup lama, dari 10 Juni hingga 26 Juni 2020 mendatang,” kata politisi Partai Golkar ini.

Tak hanya itu, Disdik Batam juga telah menyiapkan posko-posko untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendaftar anak sekolah. Posko didirikan di Gedung Gurindam Kantor Dinas Pendidikan di Sekupang.

“Ada juga posko yang disiapkan, bagi warga yang masih kesulitan bisa mendatangi posko tersebut,” kata Ides.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan, mengatakan situs pendaftaran online yang disiapkan Disdik Batam bukan down, melainkan hanya tak bisa menampung pengguna terlalu banyak.

“Bukan down, tapi tak bisa menampung pengguna secara bersama terlalu banyak,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan.

Ia mengatakan, situs ini hanya bisa diakses oleh 1.000 pengguna dalam waktu bersamaan. Namun saat dibuka, pengakses lebih dari 1.000-an.

“Makanya jadi tidak bisa masuk,” katanya.

More articles

spot_img

News Update