Wednesday, August 10, 2022

Jika Rudi Ikut Pilkada 2020, Ini Penggantinya Menjabat Kepala BP Batam

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Wali Kota Batam Muhammad Rudi digadangkan ikut Pilkada Batam tahun 2020. Politisi Partai Nasdem ini wajib cuti saat kampanye dalam pertarungannya menjadi Wali Kota Batam untuk periode kedua.

Selain Wali Kota Batam, ia juga menjabat sebagai Kepala BP Batam. Lantas bagaimana jika Rudi maju Pilkada Batam, apakah juga wajib cuti dan siapakah yang akan menggantinya nanti.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) RI Susiwijono mengatakan, sesuai regulasi yang ada, yang menggantikan Kepala BP Batam yang cuti adalah Wakil Kepala BP Batam. “Sudah diatur di PP, kalau Kepala BP Cuti maka Wakil Kepala yang melaksanakan tugas Kepala BP Batam,” kata Susiwijono, Kamis (11/6/2020) seperti dilansir dari tribunbatam.id.

Penjelasan ini, kata dia, adalah diatur dalam amanah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (KPBPB). Pasal 2 A mengatur bahwa Ayat (1a) Kepala Badan Pengusahaan KPBPB Batam sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dijabat ex-officio oleh Wali Kota Batam.

Ayat (1b) Wali Kota Batam sebagaimana dimaksud pada ayat (la) harus memenuhi syarat: a. tidak sedang menjalankan masa tahanan; atau b. tidak berhalangan sementara,sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan di bidang Pemerintahan Daerah.

“Dan pada Ayat (1e) dalam hal Wali Kota Batam tidak memenuhi syarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1b), tugas dan wewenang Kepala Badan Pengusahaan KPBPB Batam dilaksanakan oleh Wakil Kepala Badan Pengusahaan KPBPB Batam,” jelas Susiwijono.

Dengan demikian lanjutnya, berdasarkan ketentuan tersebut, selama Kepala BP Batam cuti, tugas dan wewenang beralih kepada Waka BP Batam. “Seandainya, Pemerintah Pusat menugaskan pejabat sebagai Plt Walikota Batam, maka Plt Walikota Batam tersebut tidak berwenang menjadi Kepala BP Batam,” tambah dia.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu zaman Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia saat itu telah melantik Purwiyanto, sebagai Wakil Kepala BP Batam. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2007, dipastikan dia menjadi pengganti Rudi yang cuti karena ikut Pilkada. (*)

More articles

spot_img

News Update