Wednesday, August 10, 2022

Kejati Kepri Kumpulkan Bukti Selidiki Penyaluran Bansos Corona Tahap II Batam

Must read

PINANG, NAGOYAnews.net – Kejaksaan Tinggi (Kepri) sedang mengumpulkan bukti untuk menyelidiki penyaluran bantuan sosial (Bansos) tahap dua bagi masyarakat terdampak Covid-19 yang disalurkan Pemko Batam.

“Hal ini hanya untuk memastikan saja, bahwa tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dari penyaluran ini,” kata Asisten Bidang Intelijen (Asintel) Kejati Kepri Agustian Sunaryo, Kamis (12/6/2020).

Menurut dia, penyidik Kejati Kepri telah melakukan pemanggilan terhadap dua instansi di lingkungan Pemko Batam, yakni Dinas Sosial dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam.

“Karena kedua instansi tersebut yang menangani langsung penyaluran-penyaluran bansos itu, mulai dari tahap satu maupun tahap dua,” jelasnya.

Agustian mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) penyaluran bansos tahap dua Batam.

“Baru klarifikasi saja, kita klarifikasi terkait laporan penyaluran bansos tahap dua tersebut,” ujarnya.

Ada Kampanye di Bansos Corona Pemko Batam?

Pemko Batam mulai membagikan bantuan paket sembako bagi warga terdampak Covid 19 tahap kedua di Kota Batam. Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan dan minyak goreng.

Namun dalam kemasan bantuan sosial (Bansos) Corona ini terpampang foto wajah Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, yang digadangkan akan berduet kembali di Pilkada Batam.

Padahal dalam bantuan paket bansos corona sebelumnya tak ada terpajang wajah pemimpin Batam dari Partai Nasdem ini. Anehnya di bantuan tahap dua ini, foto keduanya menghiasi kemasan bantuan bansos beserta foto Sekda Batam Jefridin di bawah tulisan “BANTUAN PEMERINTAH KOTA BATAM KEPADA MASYARAKAT KOTA BATAM YANG TERDAMPAK COVID 19”.

Rudi-Amsakar diketahui akan kembali maju bersama di Pilkada Batam yang seharusnya digelar pertengahan tahun ini, namun ditunda karena pandemi wabah virus Corona di Indonesia. Namun KPU sendiri tetap melaksanakan tahapan-tahapan menjelang Pilkada Gubernur, Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia.

Bantuan paket bansos corona berwajah Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam ini ditemukan NAGOYAnews.net di Kecamatan Sagulung. Salah seorang perangkat RT yang dikonfirmasi membenarkan ini bantuan tahap dua bagi masyarakat terdampak Covid 19 dari Pemko Batam.

“Ini bantuan dari Pemko Batam tahap kedua dari Pemko Batam bagi masyarakat terdampak Covid 19,” kata salah satu RT di Kecamatan Sagulung yang enggan namanya disebutkan,” Senin (8/6/2020).

Camat Sagulung Reza Khadafi membenarkan bantuan itu diberikan oleh Pemko Batam. Menurut dia, hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui identitas paket bansos tersebut dari Pemko Batam.

Selain itu, sambungnya, untuk mempermudah melacak bila ada bantuan yang diberikan ada barang kedaluarsa, bila ada oknum yang bermain dalam membagikan bantuan ini ke masyarakat.

“Jadi kita bisa cek bansos itu, apakah dari Pemko Batam atau bukan,” katanya.

Ia menambahkan, di dalam kemasan paket ini juga terpampang wajah Sekda Batam Jefridin, selain foto Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam.

“Itu gambar di kemasan bukan dua (Rudi-Amsakar), tapi tiga (Ada Sekda Batam). Lagian tahapan Pilkada belum masuk,” kata Reza. (arg)

More articles

spot_img

News Update