Wednesday, August 10, 2022

Tiga Pedagang Sayur, Penjual Jamu Gendong dan Tukang Pijat Positif Corona

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Batam terus bertambah, Rabu (10/6/2020). Terbaru ada enam pasien baru corona, merupakan kluster HOG Eden Park dan pedagang di Pasar Tos 3000 Jodoh.

Mereka yang terkonfirmasi positif ini, terdiri dari lima perempuan dan seorang laki-laki. Pasien ini juga memiliki latar belakang profesi yang berhubungan dengan orang banyak, yakni tiga orang pedagang sayur, seorang pedagang jamu gendong dan seorang tukang pijat.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil kasus baru dan tracing closes contact yang terus berlangsung dari kluster HOG Eden Park

Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam mengatakan, terkonfirmasi postif corona ini merupakan pasien 160 hingga 165.

Ia menjelaskan, pasien 160 seorang laki-laki berinisial berinisial DG (24) warga Perumahan Cipta Village, Tajungriau, Sekupang. Ia merupakan teman dekat dari anak terkonfirmasi nomor 116 yang juga jemaat kluster HOG Eden Park 49 & 82.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut maka yang bersangkutan sejak tanggal 03 Juni 2020 bersama dengan keluarga temannya tersebut di karantina di Rusun Tanjung Uncang dan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pertama yang hasilnya disimpulkan terkonfirmasi negatif. Selanjutnya pada tanggal 06 Juni 2020 kembali dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua yang hasilnya terkonfirmasi positif.

Kemudian, pasien 161 perempuan berinisial S (57) seorang penjual jamu dendong, beralamat di kawasan Ruli Muara Takus, Seraya. Bersangkutan pada 05 Juni 2020 berobat ke UGD salah satu RS Swasta di kawasan dekat tempat tinggalnya dengan keluhan meriang sudah sejak seminggu sebelumnya disertai rasa mual dan nyaman di ulu hati serta badannya terasa pegal-pegal.

Hasil pemeriksaan rontgen dengan kesimpulan “Susp Brronkopneumonia Kiri” dan dilanjutkan dengan RDT yang hasilnya reaktif, sesuai dengan hasil pemeriksaan diagnostic tersebut maka oleh dokter pemeriksa ditetapkan sebagai PDP dan harus menjalani rawat inap diruang isolasi rumah sakit tersebut. Berdasarkan kondisinya demikian maka selanjutnya dilakukanlah tindakan pemeriksaan lebih lanjut dengan melakukan pengambilan swab tenggorakan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif.

Selanjutnya perempuan berinisial UK (47) penjual sayur di Pasar Toss. 3000 Jodoh, warga Kampung Tanjung Uma Kelurahan Tanjunguma. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 162 Kota Batam, sehubungan hasil tracing pada kasus terkonfirmasi positif nomor 146 & 151 yang banyak melakukan aktivitas di Pasar Toss 3000.

Puskesmas Lubukbaja melakukan RDT secara random kepada para pedagang di pasar tersebut dengan hasil yang bersangkutan dinyatakan reaktif. Berdasarkan kondisi demikian maka dilakukanlah pemeriksaan lebih lanjut kepadanya dengan melakukan pengambilan swab tenggorakan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif.

Lalu seorang perempuan berinisial AbrS (48) penjual sayur di Pasar Toss 3000 Jodoh, warga Tanjunguma dan merupakan kasus baru Covid-19 nomor 163, sehubungan hasil tracing pada kasus terkonfirmasi positif nomor 146 & 151 yang banyak melakukan aktifitas di Pasar Toss 3000.

Tim penanganan Covid-19 Puskesmas lubuk Baja pada tanggal 04 Juni 2020 melakukan RDT secara random kepada para pedagang di pasar tersebut dengan hasil yang bersangkutan dinyatakan reaktif. Berdasarkan kondisi demikian maka dilakukanlah pemeriksaan lebih lanjut kepadanya dengan melakukan pengambilan swab tenggorakan yang hasilnya diperoleh terkonfirmasi positif.

Kemudian seorang perempuan LS (59) tukang pijat, warga Kaveling Senjulung, Kabil, Nongsa dan merupakan kasus baru Covid-19 nomor 164 Kota Batam. Ia pernah melakukan pemijitan pada terkonfirmasi positif nomor 126 & 134. Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap kluster HOG Eden Park 49 & 82.

Pemeriksaan RDT dengan hasil reaktif, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan pertama yang hasilnya diketahui pada tanggal 09 Juni 2020 dengan terkonfirmasi negatif”. Perlu diketahui sejak tanggal 3 Juni 2020 tersebut yang bersangkutan sudah di karantina pada Rusun Tanjunjg Uncang, selanjutnya pada tanggal 06 Juni 2020 kembali dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan kedua yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi positif.

More articles

spot_img

News Update