Positif Corona, Wanita di Batam Gagal Terbang ke Medan

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Seorang wanita di Batam terdeteksi virus corona sebelum melakukan penerbangan. Ia merupakan pasien ke 159 Kota Batam, dan masuk dalam klaster HOG Eden Park.

Pasien berinisial AL (27), warga Perumahan Golden Line, Batam Kota. Terungkapnya kasus ini saat pasien ini akan melengkapi persyaratan perjalanan keluar daerah menggunakan pesawat udara ke Medan pada Selasa, 2 Juni 2020 melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di RS Bhayangkara Batam dengan hasil reaktif.

“Saat melakukan pemeriksaan mandiri, hasil RDT-nya reaktif,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi sekaligus ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam dari rilis yang diterima NOGAYAnews.net, Senin (8/6/2020).

Mengingat hasil RDT-nya reaktif, maka dilakukanlah pemeriksaan lanjutan foto rontgen dengan kesimpulan ditemukan “Infiltrat minimal di perihiler kanan” selanjutnya dilakukan karantina di ruang isolasi rumah sakit tersebut. Sesuai hasil anamnesa kepada yang bersangkutan diketahui bahwa pernah ada riwayat contact (closes contact) sekitar dua minggu sebelumnya dengan pendetanya terkonfirmasi positif nomor 113 yang juga berkaitan erat dengan Cluster HOG Eden Park 49 dan 82.

Berdasarkan riwayat anamnesa, selanjutnya tim medis RS Bhayangkara Batam melakukan tindakan pemeriksaan lebih lanjut pasien dengan melakukan pengambilan swab tenggorakan yang hasilnya terkonfirmasi positif.

“Pasein saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi RS Bhayangkara Batam, dan sedang dalam persiapan rujukan guna penanganan RS BP Batam,” katanya.

Hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster dapat disimpulkan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19, yang berkaitan dengan berbagai cluster-cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19 di Batam. (arg)

More articles

spot_img

News Update