Wednesday, August 17, 2022

628 Calon Haji yang Batal Berangkat di Batam Dipersilakan jika Ingin Menarik Dananya

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Pemerintah Indonesia memutuskan tidak memberangkatkan calon jemaah haji ke Arab Saudi pada tahun 2020. Tercatat ada 628 calon jemaah haji asal Batam yang batal diberangkatkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkarnaen Umar mengatakan, 628 calon jemaah haji tersebut akan diberangkatkan pada tahun depan, yakni pada 2021. “Keputusan itu sangat relevan di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19 di belahan dunia,” kata Zulkarnaen Umar saat dihubungi, Rabu (3/6/2020).

Zulkarnaen mengatakan, 628 calon jemaah haji yang batal berangkat tersebut seluruhnya sudah melunasi biaya pemberangktan ibadah haji (BPIH).

Namun, pihak panitia haji dan umrah Batam mempersilakan jika para jemaah ingin menarik dananya tersebut.

“Dengan menarik dananya, tentunya JCH tersebut membatalkan ibadah hajinya di tahun 2021. Dan bagi yang tidak menarik dana, dipastikan ikut pemberangkatan tahun 2021 mendatang,” kata Zulkarnaen.

Tidak hanya keberangkatan, bahkan seluruh prosesi persiapan haji tahun ini untuk sementara juga telah dihentikan.

Mulai dari pengurusan paspor dan visa haji yang sudah dirilis, semua itu akan dihentikan. Dokumen tersebut juga akan ditarik kembali ke kantor Kemenag wilayah provinsi, secepatnya dalam waktu dekat ini.

“Termasuk pemesanan asrama dan kebutuhan lainya telah dibatalkan,” kata Zulkarnaen.

Atas pembatalan ini, Zulkarnaen meminta kapada para calon jemaah agar menerima dengan sabar dan berpikir positif.

“Kepada semua pihak agar senantiasa berdoa dan meminta supaya wabah virus corona segera hilang dan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas semestinya, terutama ibadah haji yang saat ini ditunda,” kata Zulkarnaen. (bos)

More articles

spot_img

News Update