Wednesday, August 17, 2022

Ditpam BP Batam Bekuk Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Lindung Duriangkang

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam menangkap pelaku pembalakan liar (illegal logging) di kawasan hutan Dam Duriangkang, Selasa (2/6/2020) pagi.

Penangkapan dipimpin langsung oleh Kasubdit Pengamanan Lingkungan dan Hutan Ditpam BP Batam Tony Febri bersama Kasubdit Pengamanan Aset dan Objek Vital Gunadi.

Dalam pengungkapan ini, Ditpam BP Batam menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti 32 batang kayu olahan dengan ukuran 20 x 20 cm dan panjang 4 meter, sepeda motor dan truk pengangkut kayu yang kini sudah dievakuasi dan diamankan ke Kantor Mako Ditpam BP Batam.

“Kami sudah melakukan pengintaian sebelum menangkap pelaku dalam penggerebekan ini,” ujarnya.

Lokasi penangkapan berada di sekitar bundaran Kabil menuju arah Punggur, di mana lokasi ini termasuk Kawasan Hutan Lindung Area Tangkapan Air (ATA) Waduk Duriangkang.

Ditpam BP Batam selanjutnya menyerahkan pelaku ke Polresta Barelang untuk dilakukan proses hukum selanjutnya.

Terpisah, Direktur Pengamanan Aset BP Batam Brigjen Pol Mohammad Badrus mengatakan, pihaknya telah memerintahkan jajarannya itu semakin meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di seluruh hutan lindung daerah tangkapan air waduk, seiring semakin kritisnya kondisi Daerah Tangkapan Air Waduk Duriangkang dan beberapa waduk lainnya di Batam,

“Kami akan terus mengawasu aktivitas illegal di sekitar waduk, seperti illegal logging, penggalian pasir, memasang keramba, menangkap ikan dengan tangkul, dan lain sebagainya,” kata Badrus.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas illegal di daerah tangkapan air di waduk di Kota Batam. “Ini semua untuk menjaga ketersedian air bersih di Kota Batam demi keberlangsungan hidup di masa mendatang,” katanya. (arg)

More articles

spot_img

News Update