Kementerian Perkonomian Siapkan Kebijakan Pendukung BBK Murah

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Launching Batam, Bintan dan Karimun Murah (BBK MURAH) semakin membesar. Program menarik dari Kadin Kepri ini mendapat sambutan positif dari Kantor Kementerian Perekonomian.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, S.E., M.E. menyampaikan dukungan atas program yang dilakukan Kadin Kepulauan Riau. Ditengah persaingan merebut investor oleh berbagai Negara, langkah kreatif dan terobosan yang dilakukan Kadin Kepri perlu di dukung.

“Prinsipnya kami sangat mendukung upaya sangat bagus yang dilakukan Kadin Kepri melalui Program BBK Murah, yang memberikan sewa lahan secara gratis dalam masa lima tahun,” ujar Sesmenko dalam pesan singkatnya.
Menurut alumnus Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1997 itu, Program yang dibuat Kadin seperti itu sangat penting agar Indonesia memiliki daya saing lebih.

“Kita juga bisa lebih kompetitif di dalam menarik para investor dan industri yang akan melakukan re-lokasi industrinya dari RRT. Kita harus berani menyiapkan berbagai terobosan,” ujarnya memberi dukungan.

Sesmenko menyampaikan bahwa program dan kebijakan seperti yang dilakukan Kadin Kepri ini, supaya Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara kompetitor kita seperti Vietnam, Thailand, India dan Negara lainnya.

Menanggapi upaya Kadin Kepri memberikan sewa lahan gratis selama lima tahun, mantan Direktur Kepabeanan dan Cukai pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai itu mengatakan perlu didukug dengan terobosan lainnya diluar sewa lahan.

“Pemberian sewa lahan gratis selama lima tahun ini perlu didukung dan dilengkapi dengan upaya terobosan di aspek yang lain (selain sewa lahan). Supaya benar-benar bisa menarik calon investor dan industri yang akan investasi dan relokasi ke BBK,” tambahnya.

Susiwijono melanjutkan, setelah masalah lahan selesai, perlu juga dipikirkan terobosan lain yang terkait dengan kemudahan perizinan usaha, isentif fiskal, urusan ketenagakerjaan dan aspek lain yang akan menjadi pertimbangan para insvestor dan industri dalam melakukan dan relokasi ke BBK.

Sebelumnya dukungan untuk BBK Murah juga telah disampaikan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ansar Ahmad, SE, MM.

Ansar Ahmad berpendapat BBK MURAH yang digaungkan Kadin Kepri perlu diangkat pada forum yang lebih besar dengan melibatkan Pemerintah Daerah termasuk Badan Pengusahaan Batam.

Hal yang bisa dilakukan menurut mantan Bupati Bintan Kepulauan Riau itu, diantaranya Mengundang Badan Pengusahaan Batam, Pemerintah Provinsi Kepri, Pemko Batam untuk duduk satu meja untuk menyampaikan usulan penciptaan BBK Murah agar ramah investasi.

Pada tanggal 13 Mei yang lalu, secara resmi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepualaun Riau launching sewa lahan gratis dalam rangka meningkatkan minat investor untuk menanamkan modalnya di Batam, Bintan dan Karimun. Upaya ini dilakukan sebagai langkah untuk memperkecil dampak negatif Pasca Pandemi Covid-19.

Ketua Umum Kadin Kepulauan Riau, Akhmad Ma’ruf Maulana me-launching sewa lahan gratis ini diperuntukan untuk investor yang relokasi dari Cina ke Batam, Bintan dan Karimun. Penggratisan sewa lahan selama lima tahun ini sebagai jawaban atas kesulitan investor selama ini mencari lahan untuk pembangunan industri.

Penyediaan lahan secara gratis merupakan komitmen Kadin Kepulauan Riau untuk menarik sebanyak mungkin perusahaan yang relokasi dari Cina akibat Covid-19.
Untuk tahap awal, anggota Kadin Kepri menyiapkan 30 hektar lahan siap pakai di Batam, akan menyusul untuk wilayah Bintan dan Karimun. (gl)

More articles

spot_img

News Update