Wednesday, August 17, 2022

Pemulihan Ekonomi Pasca Corona, Kadin Gagas Deklarasi Kepri Bangkit Menghadang Badai Resesi

Must read

BATAM, NAGOYAnews.net – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepulaun Riau (Kepri) setelah sebelumnya launching sewa lahan gratis, Senin (11/5/2020) kemarin, kembali menyiapkan paket baru dengan nama Deklarasi Kepri Bangkit.

Program ini akan dideklarasikan setelah pasca pandemi Covid-19 setelah Indonesia sudah mulai aman dari penyebaran virus mematikan itu.

Gagasan Deklarasi Kepri Bangkit Menurut Ketua Umum Kadin Kepulauan Riau, Akhmad Maruf Maualan, diinisiasi oleh Kadin Kepri dalam rangka mempercepat recovery ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Tim Recovery ini sedang disiapkan oleh Kadin dengan berkomunikasi dan mengajak bergandengan tangan para asoiasi dan himpunan pengusaha di Batam.

“Tim Recovery akan bergandengan tangan dengan Kadin se-Kepri, Asosiasi Pengusaha Indonesia, Real Estate Indonesia, Himpunan Kawasan Industri (HKI) dan sejumlah asosiasi dan Himpunan Pengusaha yang ada di Kepri,” kata Maruf, Minggu (17/5/2020).

Ketua Kadin Keori Akhmad Maruf Maulana. (Photo: Ist)

Disamping itu akan mengajak Tokoh Pers, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perguruan Tinggi/Universitas, dan para tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh politik daerah.

Hasil yang diharapan adalah pasca pandemi Covid-19, Kadin mengajak seluruh stakeholder baik masyarakat dan pengusaha maupun pemerintah daerah se-Kepri beserta BP Batam, dan seluruh elemen serikat pekerja atau buruh duduk bersama membicarakan jalan keluar dan langkah-langkah yang bisa dilakukan bersama-sama sesuai dengan kapasitas masing-masing.

“Percepatan recovery ekonomi salah satunya bisa dilakukan dengan memangkas biaya ekonomi tinggi yang bisa menghambat kebangkitan ekonomi Kepri,” ungkap Maruf.

Maruf menambahkan Kadin Kepri optimis jika biaya bisa dipangkas, berbagai kendala yang dihadapi bisa diminimalkan, maka ekoomi Kepri bisa bangkit lebih cepat sehingga lapangan kerja kembali terbuka, produksi terus berjalan, dan pendapatan daerah akan kembali meningkat.

Deklarasi Kepri Bangkit, akan dilaksanakan setelah Pandemi Covid–19 dan secara protocol penanganan covid-19, sudah dinyatakan aman sehingga bisa mengumpulkan banyak orang. Kadin menyiapkan tempat supaya bisa berkumpul didepan Kamar Dagang dan Industri, membicarakan solusi dan sekaligus deklarasi Kepri Bangkit.

“Melalui Kepri Bangkit, tidak ada lagi sekat diantara komponen masyarakat Kepri, karena semua memiliki visi dan misi yang sama, menghadang badai resesi, agar tidak sampai terjadi krisis ekonomi yang akan menyusahkan seluruh masyarakat,” papar Maruf.

Saat ini Kadin sedang menjalin komunikasi dengan semua pihak, agar menyumbangkan waktu, tenaga dan pikiran secara bersama-sama untuk recovery ekonomi Kepri, sehingga dampak Pandemi Covid-19 segera teratasi. (bos)

More articles

spot_img

News Update