Wednesday, August 10, 2022

Kadin Kepri Tawarkan Sewa Lahan Gratis Pasca Covid-19

Must read

Nagoyanews.net, Batam – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mulai membuat strategi untuk menggairahkan ekonomi Kepri pasca pandemi Covid-19. Langkah awal yang diambil Kadin adalah me-launching sewa lahan gratis  dalam rangka meningkatkan daya saing Batam, Bintan dan Karimun di mata investor. Upaya ini dilakukan sebagai langkah untuk memperkecil dampak negatif Pasca Pandemi Covid-19.

Senin, (11/05/2020), Ketua Umum Kadin Kepulauan Riau, Akhmad Ma’ruf Maulana me-launching sewa lahan gratis ini. Paket ini dikhususkan untuk investor yang relokasi perusahaan dari Cina ke Batam, Bintan dan Karimun. Penggratisan sewa lahan selama lima tahun ini sebagai jawaban atas kesulitan investor selama ini mencari lahan untuk pembangunan industri.

Penyediaan lahan secara gratis merupakan komitmen Kadin Kepulauan Riau untuk menarik sebanyak mungkin perusahaan yang relokasi dari Cina akibat Covid-19.

“Untuk tahap awal,  anggota Kadin Kepri menyiapkan 30 hektar lahan siap pakai di Batam, akan menyusul untuk wilayah Bintan dan Karimun,” terang Ma’ruf.

Penyediaan lahan gratis oleh Kadin ini merupakan terobosan baru, sekaligus sebagai jawaban atas gencarnya India dan Vietnam manarik perusahaan yang relokasi dari Cina.

Ide menyediakan lahan gratis oleh swasta merupakan terobosan dan baru pertama dilakukan di Indonesia. Kadin Kepri memulai ide ini dengan harapan meningkatkan daya tarik dan daya saing Indonesia dimata investor dunia.

“Penyediaan lahan gratis juga bertujuan untuk membantu pemerintah membuka lapangan kerja seluas-luasnya pascapandemi Covid-19. Catatan Kadin Indonesia, korban PHK akibat Covid-19 bukan hanya dua juta tetapi mencapai 15 juta. Pengurangan pengangguran bisa dilakukan jika ada investasi masuk sehingga tercipta lapangan kerja,” tambahnya.

More articles

spot_img

News Update