Wednesday, August 10, 2022

Kim Jong Un Dikabarkan Wafat, Ini Daftar Kekayaan dan Calon Penerusnya

Must read

NAGOYANEWS.NET– Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini pertama kali dihembuskan jaringan televisi Hong Kong yang ditopang Beijing. Meski demikian sampai saat ini, belum ada informasi resmi yang dirilis otoritas Korea Utara perihal kematian diktator yang dijuluki Rocket Man tersebut.

Apabila Kim benar-benar meninggal seperti diisukan sejumlah media di Asia ini, maka verifikasi resmi akan datang dari media pemerintah Korea Utara, sebagaimana dilakukan saat menunda pengumuman kematian pendahulu Kim, ayah dan kakeknya hingga 4 hari usai tanggal kematian.

Baca juga: Pengamat: Ini Momen Tepat Pemerintah Turunkan Harga BBM

David Maxwell, seorang spesialis Korea Utara di Yayasan Pertahanan Demokrasi, seperti ditulis New York Post, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (26/4/2020) menyebutkan bahwa rumor tersebut baru bisa dipastikan setelah ada kabar resmi dari pemerintah Korea Utara sendiri.

Terlepas dari itu, perlu diketahui bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara itu memiliki harta yang fantastis dengan sumber-sumber yang banyak. Mengutip dari Dailystar, kekayaan bersih Kim Jong Un diperkirakan mencapai 5 miliar dolar AS (Rp70 triliun) menurut Celebrity Net Worth.

Angka ini dibuat setelah penyelidikan bersama Korea Selatan dan Amerika, dari rekening dan aset yang bernilai Rp70 triliun dikendalikan Kim bersama keluarganya. Uang itu tersebar di 200 rekening bank asing di seluruh dunia.

Namun, angka-angka berdasarkan statistik PBB laporan pengeluarannya pada 2018, diperkirakan bernilai Rp 98-112 triliun. Banyak hal yang diketahui tentang penghasilan Kim adalah spekulasi.

Lantas darimana uang sebanyak itu diperoleh Kim Jong Un padahal tidak satupun diketahui dia memiliki usaha?

Baca juga: Kiat Efisiensi Keuangan Kala Ramadan dan Pandemi Covid-19

Menurut laporan mata-mata, Korea Utara dituduh membiayai hidup mewah Kim melalui operasi ilegal. Termasuk peretasan bank, penjualan senjata, transaksi narkoba dan perdagangan spesies yang terancam punah. Menurut para ahli, uang itu juga digunakan untuk uji coba nuklir dan program rudal

Investigasi yang dilakukan Chosun Ilbo dari AS & Korsel tahun 2013 menemukan 200 rekening bank Korea Utara terhubung dengan ekspor obat, uang palsu dan senjata pemusnah masal. Mata-mata dan pembelot juga mengklaim departemen pemerintah dengan nama kode Kamar 39 menjual uang palsu dan Viagra.

David L. Asher, yang telah melacak aktivitas ilegal Korea Utara, mengatakan kepada Daily Express, “Uang ini membantu menjaga Kim Jong Un tetap berkuasa.” “Ini adalah penghasilan yang terus mengalir. Dan telah menjadi salah satu penghasil pendapatan ilegal terbesar di Utara,” tambahnya.

Baca juga: Ini Kontroversi yang Bikin Dua Stafsus Milenial Jokowi Mundur

Adik Perempuan

Lantas, siapakah calon penerus Kim Jong Un jika benar-benar Kim Jong Un meninggal? Beberapa pengamat menilai sang adik perempuan bakal menduduki posisi tersebut, yakni Kim Yo Jong.

Kim Yo Jong dianggap sebagai anak bungsu dari perkawinan Kim Jong II dan Ko Yong Hui, yang juga melahirkan Kim dan kakak laki-lakinya Kim Jong Chol. Selain menjadi asisten pembantu Kim, Kim Yo Jong adalah satu-satunya anggota keluarga yang tersisa untuk mengambilalih.

Kim sebenarnya memiliki saudara tiri lebih tua yang dibunuh di Malaysia pada 2017. Sementara kakak tertua Kim, yang dikenal sebagai fans garis keras musisi Eric Clapton dianggap terlalu kekanak-kanakan untuk menjalankan rezim oleh sang ayah

“Akan sangat luar biasa dan mengejutkan seorang perempuan menjadi pemimpin besar,” kata Sung-Yoon Lee, seorang Ahli Korea Utara di Sekolah Diplomacy Fletcher Univeristy Tufts kepada The Post.[]

More articles

spot_img

News Update